Jalan Komplek Pasar Mandalika Segera Diaspal

Mataram (suarantb.com) – Jalan di dalam komplek Pasar Mandalika, Bertais segera diaspal. Pengerjaan perbaikan jalan akan segera dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Mataram. Kepala Dinas PU Kota Mataram, H. Mahmudin Tura mengatakan paket pekerjaan di dalam area Pasar Mandalika tak hanya perbaikan jalan, tapi juga saluran drainase.

Mahmuddin menyampaikan sumber dana perbaikan jalan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK)  2016 sebesar Rp 99 miliar. Namun anggaran tersebut tak hanya untuk perbaikan jalan dan drainase Pasar Mandalika, tapi beberapa item pekerjaan fisik lainnya.

Iklan

Ia memastikan pengerjaan jalan tersebut dapat diselesaikan dalam dua bulan ke depan kendati persoalan cuaca diperkirakan dapat menghambat pekerjaan. Namun menurutnya, pengaspalan jalan dengan panjang sekitar satu kilometer sehingga dapat dikerjakan dalam waktu relatif cepat.

“Sebentar (pengerjaannya), itu tidak sampai satu kilometer mungkin jalannya,” jelasnya, Rabu, 2 November 2016.

Menurut Mahmudin, yang menjadi kendala ialah ramainya aktivitas masyarakat khususnya pada pagi sampai siang hari. Untuk itu pelaksanaan perbaikan jalan harus menyesuaikan dengan kondisi keramaian pasar. Ia memperkirakan pengerjaan jalan hanya dapat dilakukan pada siang hingga sore hari, sebab pengguna pasar masih banyak beraktivitas di waktu pagi.

“Karena jalan itu kan ada di dalam pasar, di komplek itu sendiri, bukan di luarannya, jadi harus menyesuaikan,” ujarnya.

Paket proyek jalan Pasar Mandalika termasuk dalam paket proyek senilai Rp 99 Miliar yang hingga kini masih belum dikerjakan. Oleh sebab itu, Dinas PU mengupayakan untuk menuntaskan semua proyek hingga akhir tahun anggaran 2016. Mahmudin memastikan pengerjaan paket-paket proyek tersebut dapat diselesaikan, kendati tahun anggaran akan berakhir dalam dua bulan.

Ia mengatakan paket-paket tersebut dapat dikerjakan dalam waktu yang relatif cepat, hanya berkisar antara satu hingga satu setengah bulan. Begitu pula dengan proyek XVI yang kini masih dalam proses tender ulang. Ia menargetkan paket proyek tersebut ditender tanggal 16 November, sehingga dapat dipastikan selesai di akhir Desember 2016.

“Insya Allah, akan selesai semua. Akhir Desember sudah selesai,” pungkasnya. (rdi)