Jalan dan Tempat Strategis di Kota Bima Dipasang CCTV

Proses pemasangan kamera CCTV di perempatan gunung dua kota Bima, akhir pekan kemarin.(Suara NTB/Uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Sejumlah titik jalan utama dan tempat strategis di wilayah Kota Bima akan dipasangi alat pengintai atau kamera CCTV. Bahkan tahap awal telah dilakukan ujicoba pada tiga titik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bima, Ir. H. Supawarman mengaku, pihaknya berencana akan memasang sembilan kamera CCTV di jalan utama di Kota Bima. “Rencanaya ada sembilan titik jalan di Kota Bima yang akan dipasangi CCTV,” katanya.

Iklan

Sembilan titik jalan yang akan dipasangi kamera CCTV itu, lanjutnya seperti jalan Soekarno-Hatta, Jalan Gatot Subroto, Gajah Mada, jalan Sudirman, jalan Kedondong,  Soncotengge-Kumbe, Imam Bonjol dan Datuk Dibanta.

“Sembilan titik jalan ini merupakan awal. Nanti akan dipasang lagi terutama di tempat-tempat publik,” katanya.

Sebagai langkah dan tahap awal, Supawarman mengaku telah melakukan uji coba di tiga titik. Yakni di Lapangan Serasuba, Perempatan Gunung Dua dan Depan Klinik Dokter Agung Rabadompu. “Sudah diuji coba dan dipasang kemarin malan di tiga titik ini,” katanya.

Ia menjelaskan, pemasangan kamera CCTV bertujuan untuk menangkap secara detail visual pelanggar Lalu lintas (Lantas). Kemudian merekam tindak kejahatan, hingga meminimalisir resiko kejahatan di jalan raya. “Intinya kamera CCTV ini akan merekam semua kejadian-kejadian yang tidak terduga di jalan raya,” katanya.

Supawarman mengatakan nantinya juga bakal ada sensor yang merespon kecepatan kendaraan ketika lampu kuning pada traffick light menyala. Ketika lampu berwarna kuning kecepatan kendaraan sudah harus diturunkan. “Selain itu pelanggar lalu lintas juga akan diingatkan secara langsung ketika petugas memantaunya dari CCTV ini,” katanya.

Dengan dipasangnya kamera CCTV tersebut, Ia berharap akan banyak persoalan di jalan raya yang bisa diminimalisir sehingga kecelakaan dan tindakan kejahatan dicegah lebih dini. (uki)