Jalan Bandara ke Kawasan Mandalika Tuntas Agustus 2021

H. Sahdan (Suara NTB/dok)

Setelah dilakukan evaluasi ulang, pembangunan fisik proyek bypass Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) – KEK Mandalika akan mulai dilaksanakan Oktober mendatang. Akses jalan dari bandara menuju Sirkuit Mandalika sepanjang 17,4 km ini ditargetkan tuntas dikerjakan oleh kontraktor pada Agustus 2021.

“Mulai dibangun Oktober mendatang. Agustus 2021 harus selesai,” kata Kepala Dinas PUPR NTB, H. Sahdan, ST, MT dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 13 September 2020.

Iklan

Sahdan mengatakan, target penyelesaian proyek strategis nasional tersebut mundur dari jadwal sebelumnya. Karena waktu pelaksanaan yang molor akibat belum selesainya tender proyek jalan sebanyak tiga paket tersebut. Setelah proyek itu tuntas dikerjakan Agustus, maka dilanjutkan dengan uji layak fungsi jalan sebelum perhelatan MotoGP Mandalika yang akan dilaksanakan sekita bulan Oktober 2021.

Proyek pembangunan jalan bypass Bandara – KEK Mandalika dibagi menjadi tiga paket. Paket 1 dialokasikan anggaran dari APBN dengan pagu Rp238,569 miliar lebih, Paket 2 sebesar Rp394,815 miliar dan paket 3 sebesar Rp180,555 miliar lebih.

Sedangkan untuk paket pengawasan teknik pembangunan jalan by pass BIZAM – KEK Mandalika dialokasikan anggaran dengan pagu Rp9,376 miliar lebih. Untuk saat ini, kata Sahdan, baru paket 1 yang sudah ada pemenangnya namun masih dalam masa sanggah. Sedangkan paket 2 dan 3, masih belum ada pemenangnya dan dalam tahap evaluasi ulang.

“Sangat hati-hati Pokja, karena ini harus selesai tepat waktu sebelum perhelatan MotoGP 2021,” tandas Sahdan.

Semula, pembangunan fisik bypass Bandara – KEK Mandalika  dimulai awal Juli lalu dan rampung Juni 2021. Namun pembangunan belum bisa dilaksanakan lantaran alotnya penentuan pemenang tender.  Jalan penghubung dari bandara ke Sirkuit Mandalika ini panjangnya sekitar 17,4 km. Rencananya akan dibangun jalan empat jalur dan delapan lajur. (nas)