Jaksa Serahkan Berkas Perkara Pungli Sudenom

Kepala Kejari Mataram, I Ketut Sumedana (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Jaksa melimpahkan berkas perkara pungli kepala SD/SMP di Kota Mataram tahun 2017 ke Pengadilan. Perkara dengan terdakwa mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, H Sudenom. Pengadilan sedang menjadwal sidang.

Kepala Kejari Mataram, I Ketut Sumedana mengungkapkan bundel berkas perkara H Sudenom dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Mataram.

Iklan

“Hari ini (kemarin), perkara atas nama Sudenom dilimpahkan ke pengadilan tipikor Mataram,” ucapnya, Selasa, 27 November 2018.

Berkas diserahkan Kasi Pidsus Kejari Mataram, Anak Agung Gde Putra. Pelimpahan berkas melanjutkan proses sebelumnya, yakni pelimpahan tahap dua tersangka dan barang bukti dari jaksa penyidik ke jaksa penuntut umum.

Terpisah, Juru Bicara Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Mataram, Fathurrauzi mengonfirmasi sudah menerima pelimpahan berkas tersebut.

“Setelah diterima nanti akan ada penetapan majelis hakim dan penetapan jadwal sidang,” ucapnya.

Sudenom disangka memungut uang dari 15 kepala SD dan SMP di Kota Mataram selama kurun waktu tahun 2017 lalu. Duit tersebut dikumpulkan untuk keperluan pribadi.

Sudenom disangka melanggar pasal 11 dan atau pasal 12 dan atau pasal 5 UU RI No 20/2001 tentang perubahan atas UU RI No 31/1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Dalam kesempatan sebelumnya, Sumedana menyebut duit pungutan diduga dipakai terdakwa untuk ongkos berobat, transportasi dan akomodasi berobat, dan operasional.

Total duit pungutan mencapai Rp117 juta. Jumlah itu dari pungutan masing-masing mulai dari Rp500 ribu sampai Rp5 juta. Terdakwa Sudenom sudah mengembalikan uang pungutan senilai Rp56 juta.

Jaksa mengantongi bukti dokumen seperti nota pembayaran dari kepala sekolah ke kepala dinas. Sudenom dibantu bawahannya dalam mengumpulkan uang, yakni H Tahir. (why)