Jaksa Mulai Teliti Berkas Tersangka Tipilu

I Nengah Ardika (Suara NTB/dok)

Taliwang (Suara NTB) – Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat, mengaku masih melakukan penelitian terhadap berkas perkara tindak pidana pemilu (Tipilu) yang dilakukan oknum anggota DPRD berinisial HS. Pemeriksaan lanjutan tersangka juga sudah dilakukan, mengingat masa penanganan perkara Tipilu di Kejaksaan hanya tiga hari.

“Berkasnya baru kita terima per hari ini (Kemarin, red) dan kami hanya diberikan waktu tiga hari untuk melakukan penelitian terhadap berkas dimaksud,” ungkap Kajari KSB kepada Suara NTB melalui Kasi Intel I Nengah Ardika SH, MH, Selasa, 20 Oktober 2020. Meski waktunya mepet, dirinya yakin penanganan kasus tersebut tetap dilakukan secara profesional.

Iklan

Penanganan kasus ini menjadi prioritas untuk dituntaskan guna memberikan efek jera supaya tidak pelanggar lainnya. Makanya untuk penelitian terhadap berkas tersebut lebih difokuskan pada unsur materil maupun formil. Apalagi hasil kordinasi dengan sentra Gakkumdu berkasnya tersebut masih ada yang perlu diperbaiki dari segi formil. Sehingga dalam penanganan masalah ini tidak terkendala karena semua berkasnya sudah lengkap dengan harapan bisa segera disidangkan demi kepastian hukum.

“Kami pastikan penanganan kasus ini tetap dilakukan secara profesional sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku,” pungkasnya. Tersangka juga terancam dihukum dengan pidana kurungan minimal enam bulan dan maksimal 18 bulan dengan denda sekitar Rp6 juta rupiah. (ils)