Jaksa Kasasi Vonis Ringan Rio di Tingkat Banding

Terdakwa pembunuhan Rio Prasetya Nanda saat mengikuti persidangan di Pengadilan Negeri Mataram.(Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Terdakwa pembunuhan disengaja, Rio Prasetya Nanda mendapat potongan hukuman pidana di tingkat banding. Rio yang terbukti membunuh kekasihnya, Linda Novitasari ini dikurangi pidana penjaranya. Dari yang semula 14 tahun menjadi sembilan tahun.

“Untuk itu kita menyatakan kasasi,” tegas Kasi Intelijen Kejari Mataram Heru Sandika Triyana dikonfirmasi Selasa, 27 Juli 2021. Pengadilan Tinggi NTB memutus banding dengan terdakwa Rio. Amar putusannya, memperbaiki putusan Pengadilan Negeri Mataram. Hakim yang dipimpin ketua majelis I Gede Mayun ini menyatakan Rio terbukti melakukan pembunuhan sesuai dakwaan pasal 338 KUHP. Kemudian menjatuhkan pidana penjara selama sembilan tahun.

Iklan

Sementara pengadilan tingkat pertama sebelumnya, menghukum Rio dengan penjara selama 14 tahun.  “Kita sedang telaah pertimbangan hakim banding tersebut,” kata Heru. Hasilnya nanti akan dicantumkan dalam berkas memori kasasi. Heru menjelaskan, jaksa penuntut umum tetap berkeyakinan dengan pertimbangan hukum saat mengajukan tuntutan pidana selama 15 tahun. Atau pidana maksimal yang diatur pasal 338 KUHP. “Sesuai dengan tuntutan yang kita ajukan,” sebutnya.

Pertimbangannya, perbuatan Rio selain merenggut nyawa Linda, juga membuat perempuan yang lulus seleksi program S2 pada Fakultas Hukum Unram itu kehilangan janin dalam kandungannya. Rio bahkan berusaha menghilangkan bukti dengan membuat Linda seolah mati bunuh diri. Juru Bicara Pengadilan Negeri Mataram Theodora Usfunan mengatakan, jaksa penuntut umum sudah menyatakan kasasi. “Sudah kemarin (Senin),” ucapnya terpisah.

Rio divonis bersalah karena terbukti membunuh Linda pada Kamis 23 Juli 2020 sekitar pukul 20.30 Wita. Linda dicekik di rumah orang tua Rio di Perumahan Royal Mataram, Jempong Baru, Sekarbela, Mataram. Untuk menghilangkan jejak pembunuhan, Rio menggantung Linda dengan tali agar seolah korban bunuh diri. (why)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional