Jajaki Peluang, Japnas Gandeng Dubes RI di Singapura

Seminar virtual Japnas, diinisiasi Japnas NTB sebagai tuan rumah. Menghadirkan Duta Besar Indonesia di Singapura, Ngurah Sanjaya.

Mataram (Suara NTB) – Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) menjajaki peluang ditengah pandemi Covid-19 dengan menggandeng Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura.

Pada Kamis 11 Juni 2020 , Japnas mengisiniasi seminar online (webinar), sebagai tuan rumah adalah Japnas NTB. Menghadirkan narasumber utama, Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Sanjaya. Ketua Umum Japnas, Bayu P Djokosoetono. Ketua Japnas NTB, I Made Agus Ariana. Serta beberapa pengurus Japnas pusat, provinsi lain di Indonesia diantaranya Papua, Jawa Timur, Lampung, dan pengurus Japnas NTB. termasuk akademisi.
Dalam kesempatan ini, Dubes Indonesia untuk Singapura, Ngurah Sanjaya memaparkan tentang ekonomi global, peluang dan tantangan. Secara spesifik, untuk Singapura, hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan dibukanya kembali sektor pariwisata.

Iklan

Akibat pandemic Covid-19, pertumbuhan ekonomi Singapura juga mengalami tekanan. Lebih untung, Indonesia mengalami pertumbuhan. Singapura dalah destinasi pariwisata dunia, sekaligus menjadi hub financial global. Sampai saat ini, Singapura masih memberlakukan kebijakan sama dengan negara-negara lainnya didunia. Memperketat pintu keluar masuk di bandara dan jalur lautnya.

Dubes RI di Singapura, dalam beberapa tahun terakhir menyelenggarakan forum investasi, atau Indonesia Investment Day yang biasanya diselenggarakan para bulan Agustus setiap tahun. Tahun 2020 ini, forum investasi ini masih tetap diselenggarakan. Kendati, jadwalnya memungkinkan di mundurkan dari biasanya. Sekitar September atau Oktober.
“Kalau tidak memungkinan ada pertemuan langsung. Kita bisa langsungkan secara virtual,” ujarnya.

Kegiatan ini adalah mempertuman para pengusaha dari berbagai sektor, property, maritime, pariwisata, pertanina, untuk saling menjajaki peluang bisnis. Sekaligus bertransaksi. Ngurah Sanjaya, kepada para pengusaha Japnas juga mengundang agar ikut berpratisipasi.
Dubes RI untuk Singapura, biasanya bekerjasama dengan Bank Indonesia untuk melakukan kurasi kepada pengusaha-pengusaha yang ikut ambil bagian pada Indonesia Investment Day ini. selain itu, Dubes RI untuk Singapura juga menyediakan galeri untuk produk-produk pengusaha yang bisa diperkenalkan kepada seluruh stakeholders.

Dirjen Kerjasama Amerika dan Eropa juga berkomitmen mencarikan lembaga pembiayaan untuk resi gudang bagi komoditas yang dihasilkan di Indonesia. Misalnya kopi. Sehingga petani bisa melakukan tunda jual saat panen dan menunggu harga yang lebih menguntungkan, tanpa harus kesulitan mendapatkan modal saat hasil panen digudangkan sementara.
“Kami juga akan berusaha mencarikan investor,” ujarnya.

Ia secara khusus menyampaikan apresiasi kepada semangat Japnas untuk membangun daerah, membangun Indonesia sesuai tupoksinya. Dan KBRI di Singapura berkomitmen untuk bekerjasama dan saling bahu membahu dengan para pengusaha Japnas.

Ketua Japnas Provinsi NTB, sebagai tuan rumah, Agus Ariana mengatakan, peluang-peluang yang ada di Singapura bisa ditindaklanjuti oleh para pengusaha. Harapannya, setidaknya para pengusaha memiliki wawasan untuk mengembangkan jaringan bisnis dan mampu survive ditengah pandemi Covid-19.(bul)