Jaga Bantaran Sungai, KMPS Bugis Dikukuhkan

BWS NT I saat mengukuhkan pengurus KMPS Bersatu Kelurahan Bugis. Pengukuhan ini dirangkaikan dengan gotong royong membersihkan sekitar bantaran sungai setempat, Jumat, 1 Oktober 2021.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Komunitas Masyarakat Peduli Sungai (KMPS) Bersatu Kelurahan Bugis dikukuhkan Balai Wilayah Sungai (BWS) NT I NTB. Sekaligus gotong royong membersihkan sekitar bantaran sungai setempat, Jumat, 1 Oktober 2021. Di bawah kepemimpinan Zainuddin, KMPS bertekad menjaga wilayah bantaran sungai Kelurahan Bugis.

Tujuan dari terbentuknya KMPS adalah untuk merawat dan menjaga kawasan sungai di Kelurahan Bugis. Gotong Royong perdana ini sebagai bentuk upaya pembinaan awal KMPS kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian, wawasan masyarakat tentang pentingnya memelihara sungai. “Jadi, pembentukan KMPS ini dirasa sangat pas. KMPS ini akan mendorong masyarakat untuk menjaga keberlangsungan sungai. Dengan demikian, sedikit demi sedikit maka perilaku masyarakat akan berubah,”ujar Zainuddin yang juga Ketua PWI Sumbawa ini.

Iklan

Melalui komunitas ini pula, pihaknya mendorong generasi muda sebagai motor penggerak. Sebab KMPS akan menjadi wadah untuk menyalurkan aspirasi masyarakat bantaran kali kepada pemerintah. “Memang ada DPRD sebagai tempat menyalurkan aspirasi masyarakat. Namun, dengan keberadaan KMPS ini, aspirasi masyarakat yang tercecer bisa dimaksimalkan untuk disampaikan.

Sementara itu, Pengamat Sungai Sumbawa, Kusnidar mengatakan, pembentukan KMPS bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di bantaran sungai. Sebab, jika bekerja sendiri, pihaknya tidak mampu. Mengingat, bantaran sungai di Kabupaten Sumbawa sangat panjang. Yakni sekitar 37 kilometer.

Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat yang memiliki kepedulian untuk membentuk komunitas. Guna menggugah kepedulian masyarakat untuk menjaga sungai. Sehingga keberadaan sungai ini bisa sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Mengingat, keberadaan sungai sendiri sangat penting bagi kehidupan masyarakat. (arn)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional