Jadwal Bentrok dengan MotoGP Spanyol, Gelaran WSBK Indonesia Mundur Sepekan

Happy Harinto (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Indonesia dipastikan akan tetap menggelar event balap World Superbike (WSBK) Championship 2021 pada 19-21 November mendatang. Mundur sepekan dari jadwal semula, balapan yang akan digelar di Sirkuit Internasional Mandalika tersebut sekaligus menjadi balapan penutup dari seri balapan WSBK tahun 2021 ini.

Demikian disampaikan Chief Strategic and Communication Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA), Happy Harinto, saat dikonfirmasi Suara NTB, Sabtu, 25 September 2021. ‘’Indonesia melalui Mandalika International Street Circuit untuk pertama kalinya akan menggelar kejuaraan ini (WSBK) dan ini akan menjadi final musim kejuaraan dunia superbike MOTUL FIM 2021, untuk pertama kalinya sejak tahun 1997 silam,’’ sebut Happy.

Iklan

Semula seri balapan penutup WSBK di Indonesia direncanakan digelar pada 12-14 November. Tetapi karena beberapa pertimbangan, jadwal pelaksanananya diundur sepekan setelahnya. Karena jadwalnya bentrok dengan gelaran seri pamungkas MotoGP yang berlangsung di Valencia Spanyol. Sehingga dikhawatirkan bisa mengganggu proses penyiapan logistik dan pengiriman barang jika tetap dilaksanakan bersamaan.

‘’Jadi gelaran WSBK di Sirkuit Internasional Mandalika nantinya akan menjadi final untuk seri balapan dunia. Sehingga bisa dipastikan akan jadi tontonan yang sangat menarik serta diharapkan dapat menjadi penutup musim balapan yang menakjubkan,’’ tambahnya.

Meski jadwal balapan diundur, bukan berarti pada tanggal 12- 14 November tersebut tidak ada event balapan. Sebagai gantinya FIM dan Dorna Sport untuk pertama kalinya akan menggelar event IATC (Idemitsu Asia Talent Cup), sebuah kompetisi balapan junior yang dikelola oleh Dorna Group, di Sirkuit Internasional Mandalika.

Artinya, pada bulan yang sama Sirkuit Internasioal Mandalika bakal menggelar dua seri balapan sekaligus, IATC dan WSBK. “Ini adalah tonggak sejarah bagi Mandalika International Street Circuit sebagai tuan rumah WSBK sekaligus IATC. Dan, ini merupakan yang pertama kali bagi Indonesia,” tambahnya.

Indonesia sendiri pernah menggelar balapan WSBK di tahun 1994-1997 silam. Itu artinya, setelah 24 tahun Indonesia baru bisa kembali menggelar event balap dunia tersebut. Dan, tentunya seri balapan Asia Tenggara ini akan sangat ditunggu oleh para penggemar WSBK. Terutama penggemar asal Indonesia yang memang dikenal memiliki basis penggemar WSBK yang kuat. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional