Jadi Pembicara pada Dialog Agribisnis Serie 3, HBY Ajak Investor Kembangkan Hilirisasi Jagung di Dompu

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin saat menjadi pembicara pada dialog agribisnis serie 3 tentang peluang dan strategi pemenuhan kebutuhan jagung pakan musim kemarau (MK) 2020 yang digelar Dewan Jagung Nasional secara daring, Kamis, 2 Juli 2020. (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin menjadi salah satu pembicara pada dialog agribisnis yang digelar Dewan Jagung Nasional. Hilirisasi dan pemberian nilai tambah atas jagung menjadi fokus pemerintah Kabupaten Dompu kedepan. Rencana pembangunan pelabuhan Nusantara yang siap menjadi tempat berlabuhnya kapal bertonasi di atas 30 ribu GT dan kontinyuitas produksi jagung sangat mendukung untuk pembangunan pabrik pakan di Dompu.

Hal itu disampaikan Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin saat menjadi pembicara pada dialog agribisnis serie 3 tentang peluang dan strategi pemenuhan kebutuhan jagung pakan musim kemarau (MK) 2020 yang digelar Dewan Jagung Nasional secara daring, Kamis, 2 Juli 2020.

Iklan
Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin didampingi jajarannya saat dialog. (Suara NTB/ula)

Dialog yang dimoderatori oleh Sekjen Dewan Jagung Nasional, Ir Maxdeyul Sola, MBA ini juga menghadirkan Prof Dr Ir Fadel Muhammad Al Hadder selaku Ketua Umum Dewan Jagung Nasional, Dr Ir Mohammad Jafar Hafsah selaku Ketua Dewan Pakar MAI, Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI, Dr Ir Suwandi, M.Si., Direktur Pakan Kementan RI, drh Makmun Junaiddin, M.Sc., dan tokoh nasional lainnya.

H. Bambang mengungkapkan, telah menargetkan kualitas, kuantitas, kontinyu, dan kreatifitas dalam pengembangan jagung di Dompu. Pada sektor produksi, Pemda Dompu berhasil menggerakkan menanam jagung dan pada MH 2020 ini produktivitasnya mencapai 600 ribu ton atau seluas 80an ribu ha luas panen.

“Pada musim kemarau ini, ada 20an ribu ha tanaman jagung di Dompu yang diperkirakan panen pada Agustus – September, sehingga sepanjang tahun di Dompu akan tetap ada panen jagung,” katanya.

Jagung di Kabupaten Dompu berhasil menjadi daya ungkit bagi perekonomian masyarakat. Pada 2010, PDRB Kabupaten Dompu di awal kepemimpinannya hanya Rp.3 triliun, kini sudah mencapai Rp8 triliun. Jagung juga berhasil meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mengurangi kemiskinan.

“Daya ungkit jagung terhadap kesejahteraan masyarakat sangat baik. Saat ini kita sedang fokus pada hilirisasi untuk memberi nilai tambah jagung,” ungkapnya.

Saat ini melalui kelompok binaan Tim Penggerak PKK Kabupaten Dompu, berhasil membuat jus jagung. Karena masih skala rumah tangga, produksinya masih terbatas. Namun pemberian nilai tambah atas jagung ini akan terus didorong dan fokus kedepan.

“Kita ingin, ada 100 produk olahan jagung yang bisa dihasilkan yang bisa dikembangkan kedepan,” katanya.

Pemda Kabupaten Dompu juga telah membebaskan lahan dan menghibahkannya ke Kementrian Perhubungan untuk rencana pembangunan pelabuhan Nusantara di Kilo. Pelabuhan ini bisa menampung kapal di atas 30 ribu GT, sehingga bisa menyandarkan kapal yang mengangkut kebutuhan pabrik pakan yang diimport. “Bagi investor yang ingin membangun pabrik pakan di pulau Jawa, Kabupaten Dompu sangat siap. Karena infrastruktur, masyarakat dan sebagainya di Dompu sangat tersedia,” ungkap H. Bambang.

Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad Al Hadder selaku Ketua Umum Dewan Jagung Nasional dalam pemaparannya menyampaikan, berdasarkan data sebaran produksi jagung nasional sekitar 50an porsen berasal dari pulau Jawa. Sementara dari 80 pabrik pakan di Indonesia, 56 pabrik (70 persen) ada di pulau Jawa.

Untuk meningkatkan produksi dan memenuhi kebutuhan jagung nasional serta bisa melakukan eksport, harus terus menambah luas lahan jagung, dan menggerakkan masing – masing Pemda yang memiliki potensi.

“Untuk meningkatkan produksi dan memperluas area tanam, stabilitas harga di tingkat petani harus dilakukan. Kementan juga berkomitmen untuk tetap memberikan bantuan benih dan pupuk bagi petani di tengah pandemi ini,” terang Fadel Muhammad, mantan Mentri di era SBY ini. (ula/*)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional