Jadi Fokus BPJN

Reiza Setiawan (Suara NTB/dok)

BALAI Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) NTB bertekad pembangunan jalan di depan Pertamina Mandalika Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tuntas sebelum pelaksanaan MotoGP. Sejumlah persyaratan yang dibutuhkan dalam proses pembangunan jalan ini segera disiapkan, sehingga bisa selesai tepat waktu.

Demikian disampaikan Kepala BPJN NTB Reiza Setiawan, S.T., M.Sc., saat dihubungi Suara NTB, Sabtu, 8 Januari 2022.

Iklan

Diakuinya, pembangunan jalan di depan sirkuit dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melalui satuan kerja di NTB, yakni BPJN. Sekarang ini, pihaknya sedang merencanakan pembangunan jalan dan akan segera direalisasikan serta harus tuntas sebelum pelaksanaan MotoGP digelar pertengahan Maret 2022 mendatang.

Begitu juga anggaran pembangunan masih dalam perencanaan dan penyedia (kontraktor) yang melaksanakan pekerjaan belum ada menandatangani kontrak yang ditandatangani. Namun, akan diupayakan selesai secepatnya.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan dukungan masyarakat dalam penyelesaian pembangunan jalan di depan sirkuit, sehingga tepat sesuai dengan waktu yang direncanakan. Begitu juga dengan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Pemprov NTB, ITDC dan satuan kerja Kementerian PUPR di NTB, sehingga proses pembangunan tidak terkendala.

Sementara terkait adanya penjebolan jalan di bypass Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid menuju KEK Mandalika sudah tidak ada masalah. Bahkan, jalan yang dijebol warga tersebut selesai tiga hari setelah kejadian.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) NTB Ir. Ridwan Syah, M.M., M.Sc., M.T.P., menegaskan, sebelum MotoGP, ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam menata dan mempersiapkan kawasan Sirkuit Mandalika sudah tuntas. Menurutnya, kegiatan yang perlu dipercepat adalah pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika dan ruas jalan Kuta – Keruak. Termasuk penataan lanskap, jalan, taman dan lain-lain. Begitu juga jalan depan Sirkuit Mandalika sepanjang 1,6 kilometer harus tuntas sebelum pelaksanaan MotoGP. (ham)

Advertisement