Jadi Atensi Kemenkes

H. Lalu Hamzi Fikri (Suara NTB/dok)

PELAPORAN online kegiatan vaksinasi menjadi atensi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui aplikasi Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik Elektronik (Smile). Kemenkes memantau jumlah sisa stok vaksin lewat aplikasi Smile.

Meskipun Pemda sudah melaksanakan vaksinasi, tetapi belum dilaporkan secara online lewat aplikasi Smile. Maka stok vaksin di daerah akan tetap dinilai masih banyak. Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, M.M., MARS., dikonfirmasi di Mataram, kemarin mengatakan ada dua hal yang menjadi atensi dalam kegiatan vaksinasi di NTB.

Iklan

Yaitu, pelayanan vaksinasi secara manual yang diinput melalui aplikasi PCare. Dan pelaporan secara online melalui aplikasi Smile. “Dua hal ini menjadi atensi,” kata Fikri.

Fikri menjelaskan, Kemenkes melihat stok vaksin di daerah sesuai dengan data yang diinput Pemda ke aplikasi Smile. Pelaporan masyarakat yang sudah divaksin ke aplikasi Smile ini yang perlu dikawal oleh Pemda.

“Itu yang saya lihat perlu dikawal bareng. Misalnya di Smile sekitar 390 ribu sisa vaksin. Ternyata di situ ada selisih. Sekarang selisihnya tak terlalu besar antara pelaporan manual dan elektronik,” terangnya.

Fikri mengatakan Kemenkes akan mendroping vaksin ke daerah sesuai dengan kondisi stok vaksin yang dilaporkan Pemda lewat aplikasi Smile. Untuk itu, ia meminta agar pelaporan secara online ini agar menjadi atensi Pemda kabupaten/kota di NTB.

“Karena pusat akan mendroping vaksin, sesuai stok yang ada di aplikasi Smile,” tandasnya.

Data Dikes, per 8 September 2021, jumlah vaksin yang telah diterima NTB sebanyak 1.705.720 dosis. Terdiri dari vaksin Sinovac 1.507.380 dosis, Astrazeneca 37.980 dosis, Moderna 157.360 dosis dan Sinopham 3.000 dosis.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.156.286 dosis yang sudah digunakan. Sisanya sebanyak 549.434 dosis belum digunakan. Dengan rincian, sisa vaksin di kabupaten/kota sebanyak 423.492 dosis, dan sisa di gudang sebanyak 125.942 dosis. (nas)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional