Jabatan Kepala Dikes Loteng Lowong

Praya (Suara NTB) – Posisi Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) saat ini lowong, menyusul dilantiknya dr. Nurhandini Eka Dewi, SpA, sebagai Kepala Dikes NTB yang baru, Senin (10/10). Guna menghindari kevakuman, Pemkab Loteng rencananya akan segera menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Kadikes Loteng.

“Untuk saat ini memang belum ada pengganti yang ditunjuk. Tapi usulan pengganti sementara Kepala Dikes Loteng yang lowong, sudah dipersiapkan,” aku Sekretaris Daerah (Sekda) Loteng, H.M. Nursiah, S.Sos, MSi, kepada Suara NTB, Selasa, 11 Oktober 2016.

Iklan

Nursiah mengaku penunjukan Plt. Kadikes Loteng ini untuk mengawal program Dikes Loteng yang sudah berjalan sejauh ini, sehingga pelaksanaan programnya tidak terganggu. “Paling lama sampai Bulan Desember. Karena awal tahun 2017 mendatang, kita sudah memiliki struktur organisasi pemerintahan yang baru. Tentunya dengan pejabat yang baru pula. Termasuk untuk posisi Kepala Dikes Loteng,” terangnya.

Menurutnya, untuk menunjuk Kepala Dikes Loteng yang definitif dinilai terlalu tanggung, karena Loteng saat ini sudah mengesahkan struktur Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) yang baru dan mulai diterapkan tahun 2017 mendatang. Itu artinya, struktur OPD lama termasuk para pejabatnya akan berakhir sampai tahun 2016 ini saja.

Disinggung proses pengangkatan Kepala Dikes Loteng sebagai Kepala Dikes NTB yang baru, Nursiah menegaskan sudah sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku. Di mana sebelumnya, Kepala Dikes Loteng mengikuti seleksi oleh Panitia Seleksi (Pansel) pejabat Provinsi NTB, atas izin dan rekomendasi dari Bupati Loteng. Tidak mungkin Kepala Dikes Loteng ikut seleksi, tanpa ada rekomendasi dari atasanya dalam hal ini Bupati Loteng, karena aturannya seperti itu.

“Jadi tidak benar kalau Pemkab Loteng tidak tahu kalau Kepala Dikes Loteng akan diangkat sebagai Kepala Dikes NTB. Karena memang sejak awal, Kepala Dikes Loteng sudah meminta izin dan rekomendasi ke Bupati Loteng,” ujarnya. (kir)