Jabatan Karo Pemerintahan NTB Paling Banyak Peminat

Drs. H. Adam, MM,. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Jumlah pejabat yang mendaftar dalam seleksi terbuka lima Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov NTB terus bertambah. Hingga Kamis, 27 Februari 2020, jumlah pendaftar sudah mencapai 19 orang yang mendaftar untuk lima jabatan eselon II yang dilakukan lelang terbuka.

Dari lima jabatan eselon II yang dilelang terbuka, jabatan Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Setda NTB paling banyak peminat. Jumlah pendaftar untuk jabatan Karo Pemerintahan sudah mencapai sembilan orang.

Iklan

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. H. Adam, MM yang dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 27 Februari 2020 menyebutkan, jumlah pendaftar untuk masing-masing jabatan.

Untuk jabatan Kepala BKD, jumlah pendaftar sebanyak dua orang, Kepala BPKAD dua orang. Kemudian, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) sebanyak tiga orang, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sebanyak tiga orang pendaftar. Sedangkan untuk jabatan Biro Pemerintahan jumlah pendaftar sudah mencapai sembilan orang.

Adam mengatakan, jumlah pendaftar kemungkinan akan terus bertambah. Karena pejabat masih diberikan kesempatan sampai 5 Maret mendatang untuk mendaftar secara online.

Ditanya mengenai nama-nama pejabat yang mendaftar untuk masing-masing jabatan Kepala OPD, Adam enggan menyebutkannya. Pasalnya, dia juga termasuk salah satu kandidat yang mendaftar untuk jabatan Kepala BKD NTB.

Namun, ia mengatakan dari 19 pejabat yang mendaftar. Selain dari pejabat provinsi, mereka juga berasal dari pejabat kabupaten/kota. Meskipun ada dua jabatan yang masih minim pendaftarnya, Adam optimis jumlah pendaftar akan terpenuhi untuk semua jabatan yang diseleksi.

‘’Karena banyak sekali pejabat kita yang  memenuhi syarat. Dari kabupaten/kota juga banyak sekali yang memenuhi syarat,’’ katanya.

Pansel telah menyusun jadwal seleksi lima jabatan eselon II Pemprov NTB tersebut. Dimana untuk pengumuman seleksi dan pendaftaran secara online dimulai 20 Fabruari – 5 Maret 2020. Sedangkan untuk penyerahan berkas persyaratan administrasi mulai 21 Februari – 7 Maret.

Selanjutnya, Pansel akan melakukan seleksi administrasi pada 9  Maret dan pengumuman seleksi administrasi 10 Maret. Untuk tes kompetensi manajerial/psikologi akan dilaksanakan  11 – 12 Maret, penulisan makalah 13 Maret, presentasi dan wawancara 16 – 18 Maret.

Pansel juga akan melakukan penelusuran rekam jejak bagi pendaftar yang lulus seleksi administrasi. Penelusuran rekam jejak direncanakan mulai  10 – 18 Maret dan penetapan hasil seleksi 19 Maret.  Sedangkan penyampaian laporan hasil Pansel ke gubernur direncanakan 20 Maret dan rencana pelantikan pada 27 Maret 2020. (nas)