Jabatan Administrator atau Eselon III Diusulkan Tak Dialihkan ke Fungsional

Lalu Hamdi (Suara NTB/dok)

PEMPROV NTB melalui tim yang dibentuk telah merampungkan penyederhanaan birokrasi dengan progres sebesar 90 persen hingga Kamis, 29 April 2021. Dari hasil pendalaman tim atas beberapa kreteria jabatan  yang  dipertahankan sesuai kreteria yang ditetapkan Kemendagri, jabatan administrator atau eselon III diusulkan tak dialihkan ke jabatan fungsional.

Kepala Biro Organisasi Setda NTB, Ir. Lalu Hamdi, M. Si., mengatakan jabatan yang akan diusulkan untuk tidak dialihkan ke jabatan fungsional adalah jabatan admimistrator atau eselon III.

Iklan

Kemudian,  jabatan pengawas di bawah sekretaris pada Perangkat Daerah, Rumah Sakit, Unit Pengadaan Barang dan Jasa, Kantor Penghubung dan Cabang Dinas. Selain itu, jabatan pengawas yang diusulkan tetap dipertahankan adalah Subag TU pada Biro, Rumah Sakit, UPTD dan Cabang Dinas.

“Langkah selanjutnya juga telah dilakukan pemetaan jabatan fungsional yang berkesesuaian  dan setara untuk mengakomodir pengalihan jabatan pengawas yangg terdampak,” kata Hamdi dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 29 April 2021.

Ia menambahkan, Pemprov juga telah menetapkan jabatan fungsional yang setara, yaitu jabatan fungsional ahli muda. Semua Perangkat Daerah sudah diasistensi proses dan tatacara pengalihan jabatan tersebut.

“Progres per hari ini sudah 90 persen, tinggal merapikan dan mengecek kembali nama dan jabatan pasca pelaksanaan pelantikan/ pengukuhan kemarin,” terangnya.

Hamdi menjelaskan pengalihan jabatan struktural ke fungsional sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri no 130/1970/OTDA, tanggal 26 Maret 2021 tentang Penyederhanaan Birokrasi pada jabatan Administrasi dilingkungan pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Pemprov NTB telah menindak lanjutinya dengan membentuk tim penyetaraan jabatan.

Pemprov NTB akan menyerahkan hasil pemetaan jabatan administrator dan pengawas atau jabatan eselon III dan IV ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), 30 April ini. Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, saat ini jumlah jabatan eselon III lingkup Pemprov NTB sebanyak 285, sedangkan eselon IV sebanyak 850 jabatan. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional