Izin 700 Reklame Belum Diperpanjang

Mataram (suarantb.com) – Penertiban yang dilakukan Pemkot Mataram terhadap reklame yang tak berizin dan belum melunasi tunggakan pajak masih berjalan hingga saat ini. Dari 900 reklame, yang telah diperpanjang izinnya baru sekitar 200 reklame atau sekitar 30 persen. Sementara 700 lainnya belum diperpanjang izinnya. Demikian disampaikan Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kota Mataram, Cokorda Sudira Muliarsa, Jumat, 4 Nopember 2016.

Cokorda menyampaikan saat ini pihaknya hanya menunggu kesadaran para pemilik reklame untuk mengurus izinnya. Jika tak segera diurus, maka akan ditertibkan. Ia berharap dengan adanya penertiban reklame ini, para penyelenggara reklame lebih sadar akan kewajibannya memperpanjang izin dan melunasi tunggakan pajak.

Pemkot Mataram telah bersepakat tidak melakukan penertiban terhadap reklame yang telah memenuhi kewajiban pajak, yang dalam hal ini berarti juga telah mengurus perpanjangan izin. Pengurusan izin reklame ini pun tidak memakan waktu lama, dalam sehari atau dua hari, Cokorda memastikan izin bisa diterbitkan. “Itu sebentar kita proses. Dalam satu dua hari sudah selesai, itu komitmen kita,” terangnya.

Namun menurut Cokorda, pengurusan izin reklame ini sangat tergantung dari tingkat kesadaran penyelenggara. Ia mengatakan tingkat kesadaran ini perlu dipacu supaya dapat memenuhi jumlah reklame yang belum memiliki izin tersebut. Ia berharap beberapa pekan selanjutnya, pengurusan izin reklame di BPMP2T akan terus bertambah. (rdi)