IPEMI NTB Gelar Muswil II, Maju Bersama Membangun Ekonomi Muslimah NTB

Muswil II DPW IPEMI NTB yang diselenggarakan di Hotel Jayakarta Senggigi Lombok Barat, Sabtu, 19 Desember 2020 dalam rangkan memilih dan menetapkan pengurus periode 2020 - 2025. (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – DPW Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Provinsi NTB menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) II di Hotel Jayakarta Senggigi Lombok Barat, Sabtu, 19 Desember 2020. Muswil II DPW IPEMI NTB mengambil tema “Kerja Cerdas, Membangun Ekonomi Muslimah NTB” tersebut dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda NTB, Dra. Hj. Baiq Eva Nurcahyaningsih, M. Si., mewakili Gubernur dan Wakil Gubernur NTB.

Ketua Panitia Muswil II DPW IPEMI NTB, Yane Rachma Bhirawati dalam laporannya mengatakan bahwa Muswil merupakan forum tertinggi organisasi di tingkat provinsi yang diselenggarakan dengan tujuan menetapkan keanggotaan IPEMI.

Kemudian, penyampaian pembahasan dan pengesahan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ)  Ketua Pengurus Wilayah IPEMI NTB. Serta Muswil merupakan forum untuk merumuskan dan menetapkan program kerja lima tahun berikutnya.

Selain itu, kata Yane Rachma Bhirawati, Muswil II DPW IPEMI NTB merupakan forum tertinggi untuk memilih dan menetapkan ketua pengurus wilayah periode 2020-2025. Ia menyebutkan kegiatan yang dilaksanakan selama sehari tersebut dihadiri peserta sebanyak  117 orang dari seluruh NTB.

Sementara itu, Ketua IPEMI NTB 2015-2020, Dra. Hj. Bau Intan mengatakan IPEMI NTB sudah terbentuk di tujuh kabupaten/kota. Dengan pergerakan dan kegiatan yang dilakukan selama 5 tahun terakhir, terus bersinergi dengan pemerintah daerah dengan jaringan usaha masyarakat.

Ia menungkapkan IPEMI NTB mendapatkan peringkat kedua se – Indonesia melalui kegiatan-kegiatan dan sinergi yang dilakukan. Sejumlah kegiatan yang telah dilakukan, di antaranya, pelatihan kewirausahaan se – NTB yang didukung Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) NTB.

Kemudian sosialisasi keamanan pangan yang didukung oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Mataram. Selanjutnya, kegiatan Duta Muslimah yang didukung Bank NTB Syariah dan Bank CIMB Niaga. Sosialisasi penguatan keorganisasian yang didukung Bakesbangpoldagri.

Selain itu, IPEMI NTB juga melakukan kegiatan sosial. Seperti memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Bima. Pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak gempa NTB yang dihimpun dari anggota IPEMI se – Indonesia yang ditujukan untuk korban gempa di Lombok Utara,  Lombok Timur dan Sumbawa.

Kemudian, IPEMI NTB juga memberikan santunan kepada orang tua jompo dan anak yatim. ‘’Kami juga bekerjasama dengan PT. Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan) untuk melindungi anggota kami. Dan juga kerja sama dengan Dinas Perindustrian untuk pelatihan kewirausahaan dan industri,’’ terangnya.

Selain itu, pihaknya juga membagikan masker, kerja sama dengan Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) NTB. ‘’Harapan kami ke depan, semoga kerja sama terus terjalin dan meningkat. Sehingga kegiatan-kegiatan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat semakin meningkat dan semakin maju,’’ harapnya.

Bau Intan menambahkan, pihaknya juga bekerjasama dengan Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) dalam pembinaan terkait tenun. ‘’Dekranasda yang terus membimbing. Kami berharap ke depan semua program berjalan dengan lancar melalui dukungan semua pihak,’’ harapnya.

Asisten I Setda NTB, Dra. Hj. Eva Nurcahyaningsih, M. Si., mengatakan, atas nama pemerintah provinsi mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Muswil II IPEMI NTB. Dengan harapan IPEMI nantinya akan tetap menjadi mitra dari pemerintah provinsi NTB dan Pemda kabupaten/kota.

‘’Kami berharap pengurus IPEMI NTB yang nanti melaksanakan Muswil, siapapun yang akan terpilih diharapkan dukungan semua pihak. Baik pengurus provinsi maupun kabupaten/kota,’’ ujarnya.

Eva mengatakan, semua perbedaan pandangan di dalam Muswil harus selesai di dalam ruangan, tidak boleh dibawa keluar. Siapapun yang terpilih menjadi ketua pengurus IPEMI NTB periode 2020 – 2025  harus didukung oleh semua  anggota.

Demikian juga dengan penyusunan program kerja 5 tahun ke depan. Harapannya program kerja bisa mendukung program pemerintah selama 5 tahun ke depan.

‘’Pengusaha muslimah bukan bekerja di satu bidang saja tetapi banyak bidang. Kami harapkan bermitra dengan Pemda, dengan sama-sama mendukung visi dan misi Pemda 5 tahun ke depan,’’ harapnya.

IPEMI NTB diharapkan bisa terus bersinergi dengan organisasi perangkat daerah (OPD). Supaya usaha yang dijalankan berjalan berkesinambungan. Terlebih ada event MotoGP 2021 mendatang. ‘’Ada pengusaha suvenir dan kuliner, bisa berkontribusi dalam event internasional tersebut,’’ katanya.

Eva kembali berharap ke depannya, IPEMI lebih aktif lagi bersinergi dengan OPD Pemprov NTB. Dikatakan, Pemprov NTB telah melaunching NTB Mall. Eva mengajak IPEMI NTB mendaftarkan dan memasarkan produk-produk yang dihasilkan lewat NTB Mall.

Ia juga berpesan agar pengusaha muslimah yang tergabung dalam IPEMI NTB terus mempertahaknan dan meningkatkan kualitas produknya. Sehingga konsumen tetap bertahan. (nas/*)