Investor NCC Belum Urus Izin Pembangunan

Mataram (Suara NTB) – Belum lama ini Pemprov NTB menegur investor yang berencana akan membangun gedung pertemuan atau NTB Convention Center (NCC) di Jalan Bung Karno. Teguran itu dilayangkan lantaran investor tak kunjung memulai pembangunan, padahal nota kesepahaman antara Pemprov NTB dengan investor telah ditandatangani sejak 2013 lalu.

Terkait izin pembangunan NCC ke Pemkot Mataram, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Mataram, Drs. Cokorda Sudira Muliarsa, MM menyampaikan belum ada berkas permohonan izin yang masuk ke instansinya.

Iklan

“Belum ada yang mengajukan izin,” ujarnya kepada Suara NTB, belum lama ini.

Cokorda mengatakan pihaknya belum mengetahui juga apakah lahan yang ada di Jalan Bung Karno itu sesuai peruntukannya untuk membangun gedung pertemuan jika dilihat dari Perda RTRW yang telah direvisi. Pasalnya Perda tersebut kini masih dalam tahap evaluasi di tingkat provinsi.

“Belum kita lihat sedetail itu. Kalau dia sudah mengajukan izin dengan jelas baru kita bisa menentukan untuk apa lahan di situ. Kalau masih mengambang seperti ini belum bisa,” jelasnya.

Kendati di lahan tersebut juga telah dipasang plang terkait rencana pembangunan, menurutnya tak masalah sepanjang belum ada aktivitas pembangunan. Yang jadi persoalan ialah jika telah dimulai aktivitas pembangunan sementara izin belum diurus.

Jika demikian, itu bukan menjadi urusan pihaknya melainkan Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kota Mataram yang berwenang mengawasi pembangunan di kota ini. Syarat pembangunan gedung pertemuan disebutkan Cokorda sama saja dengan syarat membangun hotel atau izin pembangunan lainnya.

Semua pembangunan di kota ini harus tetap mengacu pada Perda RTRW dan regulasi itulah yang menjadi pedoman utama Dinas PMPTSP dalam menerbitkan izin pembangunan di kota ini baik skala kecil maupun besar.

Gedung NCC rencananya dibangun 20 lantai disertai tempat pertemuan dengan kapasitas 5 ribu sampai 7 ribu orang. (ynt)