Investor Ingin Bangun Dermaga Yacht di Gili Gede

M. Junaidi. (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Dua investor berencana ingin membangun lagi dermaga yacht di Gili Gede, Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Satu investor asing dan satu lainnya investor lokal NTB. Seperti yang dikabarkan Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Lembar, M. Junaidin, di Gili Gede saat ini Marina Del Ray yang sudah membangun dermaga untuk yacht.

Dermaganya juga sudah difungsikan untuk sandar dan parkir kapal pesiar pribadi ini. Ada dua pintu ke luar masuk di Lombok yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Selain dermaga di Gili Gede, ada juga Medana Bay di Gili Trawangan Lombok Utara. Junaidin mengatakan, untuk Marina Del Ray di Gili Gede, luas area perairan yang diizinkan untuk parkir 40 yacht. Marina Del Ray bahkan meminta seluruhnya perairian di sekitar Gili Gede diberikan izin kepadanya untuk dikelola.

Iklan

“Dipertimbangkan juga untuk masyarakat umum dan investor lainnya,” katanya. Dua investor lainnya yang akan membangun Marina di Gili Gede ini adalah Equilibria yang sudah mengantongi izin. Tinggal tahapan pembangunan Marina. Namun masih terkendala di pembebasan lahan. Sementara investor lokal lainnya, dalam tahap proses pengajuan izin-izin. Junaidin mengatakan, pada prinsipnya, KSOP dapat memberikan rekomendasi.

Namun harus mempertimbangkan izin-izin yang telah diberikan oleh pemerintah. Misalnya, pertimbangan kesesuaian tata ruang. “Jika sudah final di pemerintah daerah, Amdal dan sebagainya. Kita ndak ada masalah. Investor bisa bekerjasama dengan kita,” ujarnya. Junaidin menambahkan, yacht adalah salah satu fasilitas berwisata private yang dilakukan oleh orang-orang yang hobi berpetualang. Biasanya, pemilik yacht ini adalah orang-orang yang banyak menghabiskan waktunya berlayar dan liburan. Menjelajah dunia.

Lombok termasuk perairan yang disukai oleh yacht. Selain destinasi wisatanya yang cukup mendukung. Yacht ini biasanya datang bergerombol. Anggotanya bisa dari berbagai negara di belahan dunia. Umumnya orang-orang Eropa. Ketika masuk di pelabuhan, wisatawan yang menggunakan yacht ini akan menjajal destinasi-destinasi wisata yang ada di darat.

Di perairan Lombok, KEK Mandalika juga akan ditunjang oleh dermaga Yacht. Sementara ini masih menunggu  pengajuan izin-izinya. Juga dermaga yacht yang akan beroperasi adalah di area Pelabuhan Gili Mas di Lembar yang dikelola oleh Pelindo III. (bul)