Investor akan Bangun Smelter di KSB

Taliwang (Suara NTB) – PT Turangga Energi Nuswantara (TEN), perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan hasil tambang berencana berinvestasi di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Perusahaan ini akan membangun pabrik pengolahan dan pemurnian tembaga atau smelter.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) KSB, Drs. Hajamuddin mengatakan, perusahaan ini sudah menunjukkan keseriusan berinvestasi di KSB dengan telah membebaskan lahan seluas 2,5 hektar di kecamatan Maluk. “Perusahaan ini serius berinvestasi di daerah kita ini,” katanya.

Iklan

Baru-baru ini kata Hajamuddin, PT TEN sudah melakukan presentasi awal mengenai rencana tersebut kepada bupati. “Mereka sangat serius karena dengan potensi pertambangan yang kita miliki, mereka menyatakan cukup dapat menjalankan kegiatan produksinya,” cetusnya.

Ia mengatakan, PT TEN sudah memiliki pengalaman di usaha pabrik pengelolaan dan pemurnian tembaga. Perusahaan ini sebelumnya sudah membangun dan mengelola fasilitas serupa di daerah lain. “Mereka punya fasilitas smelter di Makassar. Makanya kita akan pergi cek juga ke sana seperti apa operasi perusahaan itu,” jelasnya.

Dari hasil penjelasan PT TEN kepada Pemda KSB, perusahaan ini akan membangun fasilitas smelter kapasitas kecil. Meski demikian Hajamuddin, operasional perusahaan itu kelak akan memberikan sumbangsih kepada daerah tidak saja secara finansial, tetapi juga di sisi ketenagakerjaan. “Kita buka keran investasi kan tujuannya juga untuk membuka lapangan kerja. Makanya harapan kita perusahaan ini bisa eksis di daerah kita, supaya ada tambahan lapangan kerja untuk menyerap tenaga kerja kita,” imbuhnya seraya menambahkan, pihaknya akan terus mengawal rencana investasi PT TEN ini.

“Kami di BPMPPT bertugas memfasilitasi setiap perusahaan yang tertarik berinvestasi di daerah kita ini. Termasuk Turangga ini. Tapi kita juga akan tetap melihat dari sisi komitmen mereka memberikan keuntungan sebesar-besarnya bagi masyarakat dan daerah,” imbuhnya. (bug)