Investasi Smelter Mulai Bergerak, Pertambangan Dongkrak Investasi di Tengah Pandemi

Fasilitas pengolahan konsentrat milik PT Amman Mineral. (Suara NTB/ Corporate Communications Amman Mineral).

Mataram (Suara NTB) – Meskipun di tengah pandemi, investasi di sektor pertambangan terus bergerak di NTB. Pemprov NTB melalui Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mencatat, investasi pembangunan smelter di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mulai terealisasi, meskipun angkanya masih puluhan miliar.

Kepala DPMPTSP NTB, Ir. Mohammad Rum, M.T., mengatakan investasi PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) dan PT. Amman Mineral Industri (AMIN) terus bergerak pada triwulan III 2020.

Iklan

‘’Investasi pembangunan smelter tetap bergerak di tengah pandemi. Baik investasi PT. AMNT dan PT. AMIN,’’ kata Rum dikonfirmasi Suara NTB, Jumat, 16 Oktober 2020.

Rum menyebutkan, realisasi investasi di kawasan pertambangan Batu Hijau Kabupaten Sumbawa Barat cukup besar pada triwulan III 2020. Ia menyebutkan, untuk realisasi investasi PT. AMIN tercatat sebesar Rp34 miliar. Kemudian PT. AMNT sebesar Rp239 miliar dan MacMahon sebesar Rp334 miliar.

Sedangkan realisasi investasi PT. Sumbawa Timur Mining (STM) yang sedang melakukan eksplorasi emas di Hu’u Kabupaten Dompu pada triwulan III 2020 tercatat sebesar 10 juta dolar Amerika. Atau jika dirupiahkan sekitar Rp147 miliar.

‘’Potensi realisasi investasi masih di STM, dan setiap minggu selalu ada update. Untuk pengawalan,’’ terangnya.

Rum menyebutkan, dari total realisasi investasi sebesar Rp4,2 triliun pada triwulan III 2020, sebesar Rp3,1 triliun merupakan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Sedangkan sisanya merupakan Penanaman Modal Asing (PMA).

Dari Rp3,1 triliun PMDN pada triwulan III, sebesar Rp2,4 triliun merupakan investasi di sektor ketenagalistrikan. Sedangkan sisanya, investasi di sektor perhubungan, yaitu pembangunan Pelabuhan Kapal Pesiar oleh Pelindo III di Lembar dengan realisasi investasi sebesar Rp313 miliar.

Secara total, realisasi investasi di NTB sejak triwulan I,II dan III sebesar Rp9 triliun. Dengan rincian, pada triwulan I 2020, realisasi investasi di NTB sebesar Rp2,1 triliun, triwulan II  sebesar Rp2,7 triliun dan  triwulan III sebesar Rp4,2 triliun. (nas)