Investasi di Mataram Stagnan

Irwan Rahadi (Suara NTB/cem) 

Mataram (Suara NTB) – Pergerakan investasi di Kota Mataram stagnan. Pengusaha cenderung menahan diri serta membaca peluang untuk berinvestasi. Pemerintah perlu mencari cara untuk mengajak pengusaha lokal maupun nasional menanamkan modalnya.

Stagnannya investasi di Mataram dilihat dari target tidak bisa tercapai di tahun 2020. Pemerintah Provinsi NTB menargetkan nilai investasi di Kota Mataram mencapai Rp1,5 triliun. Sampai akhir Desember, realisasi mencapai Rp900 miliar. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Mataram, Irwan Rahadi berdalih berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan usaha di daerah.

Iklan

Semestinya, DPMPTSP adalah dinas yang tidak boleh ditargetkan dalam penyerapan pendapatan daerah. Iklim investasi sifatnya situasional. Artinya, pemerintah tidak bisa memaksa seseorang untuk berinvestasi. Pengusaha juga membaca peluang. “Pengusaha kan ndak mau rugi. Mereka harus baca peluang,” kata Irwan.

Diakui, target investasi Rp1,5 triliun oleh Pemprov NTB tidak tercapai. Pasalnya, pengusaha cenderung menahan diri berinvestasi di tengah kondisi pandemi Covid-19. Adapun pembangunan sifatnya lokal dan nilai investasinya tidak seberapa. Apalagi saat ini, siklus investasi menyesuaikan dengan persiapan kawasan ekonomi khusus di Mandalika. “Palingan pembangunan hotel kecil, guest house dan pelayanan toko,” sebutnya.

Apakah terjadinya pergeseran investasi ke wilayah Lombok Tengah seiring persiapan pagelaran MotoGP? Kata Irwan, kebijakan strategis nasional menjadikan Mandalika sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) juga sangat berpengaruh. Pengusaha banyak menyesuaikan atau memilih berinvestasi ke wilayah Selatan. Di satu sisi, keterbatasan lahan di Kota Mataram juga menjadi salah satu pemicu.

Kendati demikian, pihaknya terus berupaya mencari inovasi serta strategi untuk menarik minat pengusaha berinvestasi di Mataram. Salah satunya dengan mempermudah proses pelayanan perizinan. (cem)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional