Internet Gratis untuk Desa di KSB Telah Terpasang

Taliwang (Suara NTB) – Pemasangan terhadap sistem layanan internet gratis di 10 prioritas sudah selesai dilakukan. Hanya saja untuk saat ini belum bisa dioperasikan oleh desa penerima mengingat perlu dilakukan sosialisasi terlebih dahulu terkait dengan layanan internet gratis ini.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistika (Diskominfotik) KSB, Ir. H. Muslimin HMY, kepada Suara NTB Rabu, 8 Maret 2017 menyebutkan, proses pembangunan terhadap sistem layanan internet tersebut sudah selesai dilakukan. Namun dalam pemanfaatannya, sampai dengan saat ini perlu dilakukan sosialisasi terlebih kepada semua kepala desa yang ada di Sumbawa Barat.

Iklan

Hal tersebut dilakukan guna mengefektifkan penggunaan sarana ini. Sehingga dalam penggunaan nantinya oleh desa ini bisa tepat sasaran. “Kita sudah lakukan sosialisasi terkait dengan layanan internet gratis tersebut. Mudah-mudahan kepala desa bisa faham kegunaannya layanan ini,” ujarnya.

Disebutkannya, untuk program layanan internet ini kapasitasnya sangat kecil, hanya 3 GB dengan menggunakan pulsa. Oleh karenanya, dalam pemanfaatan sistem ini, diharapkan kepada semua kepala desa untuk bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan yang ada. Mengingat apabila dibiarkan begitu saja dikhawatirkan akan jebol dan tidak bisa digunakan untuk kepentingan yang semestinya diperuntukkan.

“Ini bukan layanan internet biasa seperti di Warnet-warnet yang tidak memiliki batas. Melainkan layanan ini memiliki kouta bahkan sangat terbatas sebesar 3GB,” imbuhnya. Bahkan layanan ini hanya bisa digunakan untuk penyampaian laporan desa ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) maupun ke Pemerintah Pusat.

Disinggung mengenai proses pembayaran di enam bulan pertama, ia menyebutkan untuk pembayaran pulsanya sebanyak Rp 500 ribu per bulan di masing-masing desa akan dibebankan kepada APBD Pemkab Sumbawa Barat. (ils)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here