Integrasikan Jagung dan Sapi, Wabup Jajaki Kerja Sama di Lampung

Wabup Sumbawa, Dewi Noviany, saat mengunjungi peternakan yang sukses dalam mengintegrasikan jagung dengan ternak di Lampung.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Dalam kunjungan kerjanya di Lampung, Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany M.Pd, menjajaki kerjasama dengan salah satu perusahaan yang mengintegrasikan jagung dengan ternak.

Menurut Wabup, sebagai salah satu unsur kepala daerah, pihaknya berkewajiban mensejahterakan rakyat termasuk di dalamnya petani jagung. Segala potensi dan kesempatan yang ada harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Hari ini saya melihat salah satu potensi itu,” terangnya.

Iklan

Dijelaskannya, PT Karunia Alam Sentosa Abadi adalah salah satu perusahaan yang mengintegrasikan jagung dan ternak sapi dalam satu kawasan di daerah Lampung. Petani di wilayah setempat bekerja sama dengan pihak perusahaan dengan menyediakan jagung sebagai bahan utama pabrik pakan ternak. Masyarakat juga diberi kesempatan mengelola pabrik pakan tersebut. Saat ternak milik perusahaan mengeluarkan kotoran, kotoran itu juga dimanfaatkan oleh warga untuk menyuburkan tanaman jagungnya. Jadi hasil panen terbeli, biaya pupuk-pun berkurang. Akhirnya petani menjadi sejahtera.

“Dalam kunjungan saya ke PT. Karunia Alam Sentosa Abadi di Lampung, saya melihat, potensi daerah kita sangat cocok untuk dijadikan wilayah pengembangan jagung dan peternakan sapi yang terintegrasi. Saat ini saya sedang  menjajaki kemungkinan kerjasama antara Pemda dengan perusahaan tersebut,”sebut Wabup. (arn)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional