Inspektorat Kota Mataram Periksa Pengadaan Barang di Bagian Umum

Mataram (Suara NTB) – Selain ditelisik oleh Kejaksaan, Inspektorat juga memeriksa atau mengaudit pengadaan barang di Bagian Umum Setda Kota Mataram. Audit komprehensif ini difokuskan pada pengadaan dua tahun terakhir di tahun 2016 – 2017.

Auditor internal pemerintah membutuhkan waktu 20 hari mengecek serta mengkonfrontir data pengadaan barang. Tim juga mengecek fisik barang mulai dari kamar mandi, ruang kerja Sekda dan pendopo. Bahkan, proyek panggung sekitar Rp400 juta bagian yang diperiksa.

Iklan

Inspektur Inspektorat Kota Mataram, Ir. H. Makbul Ma’shum membenarkan adanya pemeriksaan di Bagian Umum Setda Kota Mataram. Audit komprehensif ini dalam rangka pembinaan. Fokus pemeriksaan  tim selama 20 hari pada pengadaan barang dua tahun terakhir.

“Waktu 20 hari ternyata tidak cukup, sehingga diminta perpanjangan. Tadi pagi, saya langsung setujui permintaan perpanjangan pemeriksaan,” kata Makbul, Rabu, 9 Mei 2018. Alasan perpanjangan waktu itu, karena banyak item pengadaan yang belum selesai diperiksa.

Menurut Makbul, pemeriksaan itu wajar.  Dalam pelaksanaan organisasi perangkat daerah perlu diluruskan. “Sering saya katakan bahwa kami ini memberikan peringatan dini. Jadi APIP harus turun sebelum pemeriksaan yang lain,” tandasnya.

Latar belakang pemeriksaan itu berdasarkan tugas dari Sekda Kota Mataram. Sekda kata Makbul, menginstruksikan agar dilakukan pembinaan. Dia membantah bahwa pemeriksaan itu dikaitkan dengan penanganan kasus yang tengah ditelisik oleh Kejaksaan. “Ini antisipasi persoalan hukum saja,” kilahnya.

Sebagai tambahan informasi pengadaan barang di Bagian Umum Setda Kota Mataram, tengah ditangani oleh Kejari Mataram. Mantan Kepala Bagian Umum yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Baiq Nelly Kusumawati beberapa kali dimintai keterangan oleh penyidik. Termasuk Kabag Umum yang sekarang, Dra. Dian Ayu Ningrati. (cem)