Inspektorat Dalami Dugaan Penyimpangan Dana Desa di Sumbawa

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Adanya pengaduan dugaan penyimpangan dana desa di sejumlah desa di Kabupaten Sumbawa tahun 2015 masih dalam proses pemeriksan Inspektorat. Saat ini Inspektorat belum merampungkan laporan, dan tengah mendalami hal dimaksud.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Sumbawa, H. Hasan Basri yang didampingi Sekretaris, Ir. Syarifuddin, M.Si, Senin, 24 Oktober 2016 mengakui sudah dilakukannya pemeriksaan khusus (riksus) di beberapa desa. Di antaranya Desa Labuhan Mapin, Desa Suka Mulia, dan Desa Selante. Namun pihaknya belum bisa menyampaikan hasil pemeriksaan, mengingat masih dalam proses pemeriksaan.

Iklan

Dalam proses pemeriksaan ini pihaknya tidak serta merta langsung mengeluarkan hasilnya. Karena membutuhkan pemeriksaan yang rinci. Perlu melihat terlebih dahulu dan diteliti. Meskipun demikian, setiap pengaduan yang masuk pihaknya tetap melakukan pemantauan. Sekaligus melakukan pemeriksaan dan pembinaan. “Desa yang tidak ada pengaduan pun, kita tetap melakukan pemeriksaan dan pembinaan,” tukasnya.

Manakala nantinya terbukti adanya temuan seperti dalam pengaduan, pihaknya akan merekomendasikan sesuai dengan aturan yang berlaku. Misalnya saja SPJ yang tidak sempurna, direkomendasikan untuk disempurnakan. Kemudian pengerjaan yang belum diselesaikan direkomendasikan untuk diselesaikan. (ind)