Insentif Nakes Kota Bima Cair

Yahya. (Suara NTB/Jun)

Bima (Suara NTB) – Insentif Tenaga Kesehatan (Nakes) puskesmas yang terlibat dalam penanganan Covid-19 di Kota Bima, akhirnya cair. Pencairan insentif untuk masa kerja Januari-Juni 2021, langsung via rekening masing-masing Nakes. Nominal keseluruhan sesuai usulan awal, yakni sekitar Rp2,4 miliar.

Demikian ungkap Kepala Bidang Perencanaan dan Keuangan Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima, Yahya, Skm., M. Kes., ketika dikonfirmasi Suara NTB, Jumat, 27 Agustus 2021. “Sampai hari ini insentif nakes sudah cair untuk Bulan Januari-Juni,” terangnya.

Iklan

Insentif untuk masa kerja enam bulan tersebut, dibayar langsung via rekening Nakes yang terdata sebagai penerima dari semua puskesmas di Kota Bima.

Sementara insentif Bulan Juli, lanjut Yahya, setelah berkas klaim diusulkan masing-masing puskesmas, pihaknya tengah melakukan verifikasi dan validasi data. Sedangkan untuk bulan ini, informasinya akan dilayangkan awal September mendatang. Karena disana baru terdata berapa total pasien Covid-19 yang pernah ditangani sebulan terakhir. “Agustus belum diajukan, menunggu awal Bulan September untuk mengetahui jumlah kasus yang ditangani sebagai dasar perhitungan,” jelasnya.

Kendati pencairan insentif ini terkesan lamban, Yahya menegaskan, itu bukan karena unsur kesengajaan pihaknya tetapi murni bentuk kehati-hatian dalam melakukan verifikasi dan validasi. Apalagi tak sedikit berkas yang ditemukan salah dalam penanggalan, sehingga berpotensi menuai persoalan di kemudian hari.

Dengan pencarian insentif tersebut, ia berharap tenaga kesehatan di masing-masing puskesmas semakin bersemangat dalam bekerja, pun terus meningkatkan mutu pelayanan terutama dalam penanganan pasien Covid-19. “Semoga ini menambah semangat kerja nakes, terutama untuk meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (jun)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional