Insentif Nakes Covid-19 di Dompu Belum Juga Dibayarkan

Maman. (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Insentif tenaga kesehatan (Nakes) yang merawat pasien Covid-19 tahun 2021 di Kabupaten Dompu hingga saat ini belum dibayarkan. Molornya pengajuan dari fasilitas kesehatan (Faskes) membuat insentif ini tidak kunjung dicairkan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, SKM, MMKes kepada Suara NTB, Jumat, 30 Juli 2021 mengatakan, pembayaran insentif bagi nakes yang menangani pasien Covid-19 di Dompu sangat bergantung faskes tempatnya bekerja. Pembayaran insentif berdasarkan pengajuan dari faskes dan proses pengajuan melalui aplikasi. “Kita ndak tau kenapa belum juga diajukan. Kalau disebut karena keterbatasan tenaga, tidak juga. Karena di puskesmas itu banyak tenaga dan punya tugas masing – masing,” katanya.

Iklan

Hj. Maria Ulfah, SST, Mkes Kasi akreditasi dan jaminan kesehatan Dinas Kesehatan Dompu yang juga verifikator saat dihubungi terpisah mengaku, baru RS Lapangan Sanggilo yang mengajukan pembayaran insentif nakes penanganan Covid-19. Tapi karena dokumennya belum lengkap, sehingga masih dilengkapi. “Kami menunggu pengajuan. Sudah ada pengajuan dari (RS Lapangan) Sanggilo, tapi masih ada yang belum lengkap (dokumennya). Sudah 2 kali kita kembalikan (karena belum lengkap),” kata Maria Ulfah.

Molornya proses pengajuan insentif nakes penanganan Covid-19, kata Hj. Maria Ulfah, karena petugas yang mengimput data pengajuan insentif ini juga menjadi tim pada vaksinasi. Sementara proses vaksinasi juga sedang digalakkan pemerintah. Sementara petugas yang mengimput ini merupakan petugas yang sudah mendapat pelatihan. “Banyak tenaga (di puskesmas), tapi aplikasi ini harus diisi oleh yang sudah mendapat training awal,” ungkapnya.

Saat memasukkan data, lanjut Hj. Maria Ulfah, ada sejumlah persyaratan yang harus dibuat dan dilengkapi. Sehingga dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Sementara untuk RSUD, juga tengah mengentri data pengajuan melalui aplikasi. “Rumah sakit masih dalam pengajuan,” ungkapnya.

Adapun besaran insentif nakes yang menangani Covid-19 untuk di RSUD Dompu sebesar Rp7,5 juta per orang dokter spesialis, Rp3,5 juta untuk dokter umum, 2 juta per bidan atau perawat, dan nakes lainnya sebesar Rp1,5 juta per orang. Nakes di RS Pratama dan RS Lapangan Sanggilo sebesar Rp3 juta per orang dokter umum, Rp1,5 juta untuk bidan dan perawat, serta Rp1 juta untuk nakes lainnya. Sementara untuk nakes di Puskesmas dihitung rata Rp1,5 juta perorang. (ula)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional