Inovasi Imun Kuat dan Jambu Mekar

KH. Zaidi Abdad (Suara NTB/bul)

Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) NTB membuat sejumlah inovasi dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seperti inovasi Imun Kuat (Inspirasi Monitoring Keliling untuk Analisis Target) dan Jambu Mekar (Jumat Seribu Membangun Wakaf untuk Rakyat).

Kepala Kanwil Kemenag NTB, Dr. KH. M. Zaidi Abdad, M.Ag., mengatakan lewat inovasi Imun Kuat, dirinya berkeliling ke bidang-bidang termasuk ke Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di kabupaten/kota.

Iklan

‘’Kadang-kadang tanpa sepengetahuan. Saya pernah keliling salah satu KUA di Lombok Tengah. Sampai di sana Kepala KUA ndak ada, pegawai  tidak tahu yang datang adalah Kakanwilnya,’’ ujar Zaidi Abdad saat acara media gathering di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat, Selasa (2/3) kemarin.

Dengan melakukan inspeksi mendadak ke kantor-kantor KUA di NTB, ia mengetahui kondisi sebenarnya di lapangan. “Kantornya kotor. Model-model begini saya lakukan. Harus keliling melihat sesuatu dari dekat apa yang sebenarnya terjadi,” katanya.

Kemudian, untuk gerakan berwakaf dibuat inovasi Jambu Mekar. Yaitu,  Jumat Seribu Membangun Wakaf untuk Rakyat. Seluruh ASN di lingkup Kanwil Kemenag NTB dan kabupaten/kota mewakafkan uang seribu rupiah setiap hari Jumat.

“Uangnya nanti setelah terkumpul untuk anak-anak yang kurang mampu. Diberikan beasiswa kepada mereka,” terangnya.

Selain itu, dalam rangka membangun zona integritas di lingkungan Kanwil Kemenag NTB dan kabupaten/kota, dibuat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Online. Dengan harapan bisa melayani masyarakat secara terbuka.

“Semua Kemenag kabupaten/kota ada PTSP online. Semua sudah selesai infrastruktur PTSP online se – NTB,” tuturnya.

Kemudian, ada juga Monitoring Zona Integritas (Mozai) Online untuk memantau kedisiplinan ASN. Zaidi Abdad menambahkan, untuk absensi, ASN juga tidak perlu antre, tetapi cukup dengan selfie menggunakan HP masing-masing.

“Termasuk juga soal haji, kami juga akan memotong birokrasi. Orang daftar haji, begitu masuk Kemenag, pulang keluar produk. Artinya, dia daftar di situ, bank di situ, imigrasi juga di situ,” terangnya. (nas)

Advertisement filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional