Ingin Bantu Warga Korban Banjir Bima, Ini Caranya

Mataram (suarantb.com) – Dalam setiap musibah, selalu ada cara untuk menyalakan harapan bagi manusia yang menjadi korban. Salah satunya dengan memberikan bantuan atau donasi uang, barang atau dukungan moril semata. Untuk mewadahi aksi kemanusiaan ini, sejumlah organisasi dan kelompok masyarakat pun berinisiatif membuka wadah donasi atau bantuan kemanusiaan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun suarantb.com, ada beberapa organisasi atau lembaga yang sudah membuka ruang untuk donasi atau bantuan kemanusiaan untuk warga korban banjir di Bima. Berikut beberapa organisasi/lembaga yang telah membuka wadah penyaluran bantuan untuk korban banjir Bima :

Iklan

Komunitas Babuju
Salah satu organisasi yang telah membuka wadah itu adalah Komunitas Babuju, Bima. Melalui aplikasi pesan singkat, diketahui bahwa komunitas yang digawangi oleh Julhaidin alias Rangga Babuju ini telah menerjunkan sejumlah anggotanya ke lokasi banjir di Bima.

Rangga mengutarakan, pada Rabu, 21 Desember 2016 malam, ribuan warga Kota Bima mulai dihantui kekurangan logistik di wilayah pengungsian masing-masing. Menurutnya, bantuan berupa logistik, selimut dan kebutuhan lainnya, khususnya untuk anak-anak sangat dibutuhkan.

“Malam ini relawan kemanusiaan Babuju akan mendistribusikan bantuan logistik untuk warga yang mengungsi berupa air bersih dan roti. Bantuan kemanusiaan langsung saya koordinasi sendiri,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan, Rangga mengaku pihaknya telah membuka wadah donasi melalui rekening BNI atas nama Julhaidin di nomor rekening 0216087863. Selain itu, Rangga juga menegaskan kebutuhan prioritas warga korban banjir Bima saat ini adalah makanan dan minuman.

“Untuk bantuan yang masuk langsung, kami belikan makanan dan minuman di wilayah Bolo dan Dompu oleh Anggota yang standby di sana dan diterobos masuk malam ini ke Kota Bima,” bebernya.

RKB Pulau Lombok

Organisasi yang mewadahi warga Lombok yang berasal dari Bima ini juga membuka wadah donasi atau sumbangan kemanusiaan bagi korban banjir Bima. Berdasarkan informasi yang dihimpun suarantb.com, RKB Lombok telah membuka Posko Banjir Bima di LPMP Jalan Panjitilar Negara 8 Mataram (Depan SMAN 2 Mataram). Melalui posko ini, masyarakat dari berbagai kalangan bisa memberikan sumbangan dalam berbagai bentuk.

Informasi terakhir yang disampaikan Dr. M. Irwan Husain, selaku koordinator pengumpulan donasi saat ini sudah cukup banyak donasi yang berhasil dihimpun melalui RKB Pulau Lombok. “Alhamdulillah sudah terkumpul Rp 10 juta. Silahkan bergabung,” ujar Irwan.

Untuk donasi melalui RKB Pulau Lombok, masyarakat bisa menyalurkan melalui nomor rekening 001.22.03775.01.3 di Bank NTB atas nama Sirajudin.

Ponpes Abu Hurairah Mataram
Untuk yang berminat membantu korban banjir melalui Ponpes Abu Hurairah, bantuan yang disalurkan bisa berupa uang, pakaian layak pakai dan sembako. Bantuan uang bisa ditransfer ke Bank Syariah Mandiri Cabang Mataram Nomor Rekening 7052652698  atas nama Ponpes Abu Hurairah Mataram.

Menurut informasi yang diterima suarantb.com, pengelola bantuan dari Ponpes Abu Hurairah membatasi layanan transfer untuk bantuan korban bencana di Bima sejak 22 Desember 2016 sampai tanggal 5 Januari 2017. Donatur yang telah mentransfer bantuan bisa melakukan konfirmasi setelah transfer, melalui SMS ke 081803674190 dengan format :

AHPeduli#Nama#Jumlah_Transfer#Tgl_Transfer
Contoh SMS:
AHPeduli#Abdullah# 100.000#22-12-2016

Bantuan uang yang akan disalurkan hanyalah uang yang ditransfer pada periode 22 Desember 2016 hingga 5 Januari 2017. Bantuan berupa pakaian & sembako bisa diantar langsung ke Posko di Ponpes Abu Hurairah Mataram Jalan Majapahit no 54 B.

Sementara, bagi masyarakat yang ingin memperoleh informasi lebih lengkap terkait bantuan logistik, dipersilakan menghubungi Humas Ponpes Abu Hurairah Mataram di nomor 081803674190 dan 085337212882.

IKA Unram
Selain Komunitas Babuju, Ikatan Alumni Universitas Mataram (IKA Unram), juga telah mengumpulkan donasi untuk korban banjir Bima.

“Siapa yang mau menyalurkan silakan. Saya juga sedang menggalang, para anggota Himpunan Ikatan Alumni PTN seluruh Indonesia. Mudah-mudahan satu dua hari ini kita bisa selesaikan,” ujar Ketua Umum IKA Unram, Sirra Prayuna, SH, yang dikonfirmasi suarantb.com, Rabu malam.

Ketua I Bidang Organisasi Dan SDM, IKA Unram, Dr. Iwan Harsono menjelaskan, untuk donasi melalui IKA Unram, masyarakat bisa menyalurkannya melalui rekening BNI atas nama Perkumpulan IKA Unram di nomor 0465490563. Untuk informasi terkait penyaluran bantuan ini, masyarakat juga bisa langsung menghubungi Bendahara Umum IKA Unram di nomor 087864286900.

Sirra Prayuna menegaskan, dari Jakarta, pagi ini ia akan bertolak ke Mataram. Sore harinya ia berharap bisa berangkat ke Bima dengan beberapa pengurus IKA Unram. Menurutnya, bantuan dari masyarakat diharapkan dapat mengurangi beban korban banjir di Bima.

“Karena ini tanggung jawab sosial semua pihak. Seluruh komponen masyarakat harus bekerjasama gotong royong meringankan beban saudara kita yang kena musibah. Seluruh alumni Unram bisa sedikit berbagi empati dengan para korban musibah ini. Harapan kita, semua tergerak bergotong royong. Meskipun memang tidak akan bisa menyelesaikan seluruh persoalan. Tapi minimal bisa sedikit saja, secuil saja meringankan, menghibur, menenangkan, memberikan satu solusi,” ujar Sirra.

BPBD NTB
Selain dua elemen masyarakat tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB juga membuka kesempatan bagi warga yang ingin menyalurkan bantuan. Menurut Kepala Pelaksana BPBD NTB, Ir. Mohammad Rum, MT, pihaknya siap menampung bantuan bagi warga korban banjir Bima di Jalan Lingkar Selatan, Jalan Doktor Soedjono, Mataram. Sementara, untuk donasi berupa uang atau melalui rekening, hingga Rabu dini hari tadi, pihaknya belum menyiapkan rekening khusus.

“Bagi masyarakat yang ingin membantu korban banjir Bima, silakan datang langsung ke kantor BPBD NTB,” pungkas Rum. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here