Ingatkan Pejabat Tak Boleh Main-main

H. Zulkieflimansyah (Suara NTB/bul)

GUBERNUR NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc mengingatkan pejabat tak boleh main-main. Pasalnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mempunyai cara menemukan kesalahan.

 

Iklan

‘’Mudah-mudahan dengan momentum peringatan Hari Anti Korupsi, siapapun tak boleh main-main sekarang. Karena semua, KPK, BPK itu punya cara untuk menemukan kesalahan,’’ kata gubernur dikonfimasi soal temuan BPK RI terkait dengan pemeriksaan belanja modal 2018, Kamis (13/12) siang.

 

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan NTB melakukan pemeriksaan dengan tujuan tertentu belanja modal atau infrastruktur dan pengelolaan dana desa 2018. Khusus untuk belanja modal Pemprov NTB, BPK menemukan potensi kerugian negara sebesar Rp1,3 miliar.

 

Temuan tersebut  disebabkan keterlambatan pengerjaan proyek yang berimplikasi pada denda, kelebihan volume pembayaran. Juga ada item pajak yang masuk dalam kontrak, yang  seharusnya itu menjadi tanggungan pihak ketiga.

 

Gubernur mengatakan, semua temuan BPK tersebut harus ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku. ‘’Mudah-mudahan temuan itu kita perbaiki kalau ada kesalahan administrasi,’’ katanya.

 

Ia mengatakan, setiap melakukan pemeriksaan, selalu ada temuan BPK meskipun nilainya kecil-kecil. Temuan seperti itu hampir terjadi di semua daerah. ‘’Tapi mudah-mudahan ke depan bisa kita minimalisir,’’ harapnya. (nas)