Indeks Daya Saing NTB Meningkat

Mataram (suarantb.com) – Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB, H. Lalu Gita Aryadi menyebutkan daya saing NTB secara nasional meningkat. Demikian disampaikannya dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Selasa, 20 Desember 2016 di Kantor Perwakilan BI NTB.

“Dari peringkat daya saing yang keluarkan oleh Asia Competitiveness Institute dan  National University of Singapore. Terjadi peningkatan daya saing kita dari yang sebelumnya di posisi 26 jadi 19,” ujarnya.

Iklan

Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di NTB meningkat dari posisi 33 menjadi 30. Stabilitas ekonomi makro meningkat dari 27 menjadi 24. Penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan institusi publik juga mengalami peningkatan dari posisi 20 menjadi 13. Demikian pula indeks kualitas hidup dan infrastruktur naik dari 22 ke posisi 19.

Walaupun pertumbuhan ekonomi di NTB lebih tinggi dari tahun sebelumnya, angka kemiskinan di NTB yang berada pada angka 16 persen. Masih menjadi Pekerjaan Rumah bagi Pemprov NTB. “Kemiskinan memang masih jadi PR akan kita tuntaskan,” ucap Gita.

Kepala Perwakilan BI NTB, Prijono menjelaskan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, NTB sudah mempunyai potensi yang bagus. “NTB berpeluang sebagai sentra ketahanan pangan, destinasi utama pariwisata nasional dan potensi SDM NTB yang memasuki fase bonus demografi. Yakni tingginya proporsi masyarakat NTB yang tergolong usia produktif,” ujarnya.

Jika modal ini bisa dikelola dengan baik, tentunya perekonomian di NTB bisa meningkat tajam. Terutama di sektor pariwisata, dimana NTB dianugerahi keindahan alam yang sangat memesona. Seharusnya bisa menarik lebih banyak wisatawan di masa-masa mendatang. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here