Indahnya Pemandangan Bawah Laut Gili Lontar

Giri Menang (Suara NTB) – Lombok Barat memiliki banyak potensi destinasi wisata. Salah satunya Gili Lontar yang menyimpan keindahan dan tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Gili ini merupakan salah satu dari banyak gili yang indah di Kabupaten Lombok Barat. Memiliki pasir berwarna putih dan dengan panorama yang indah, gili ini menjadi salah satu alternatif kunjungan wisatawan yang berkunjung ke wilayah Sekotong.

Iklan

Gili Lontar merupakan pulau yang tidak berpenduduk dan berada di perairan Gili Sekotong. Jika dilihat dari udara, Gili Lontar berbentuk oblong hampir sempurna dan tampak seperti donat atau seperti piring besar dengan sayuran di atasnya dengan hamparan pasir pantai berwarna putih dan perairan merah muda.

“Kalau foto pakai drone kelihatan seperti donat. Indah sekali apalagi dengan pantainya yang berpasir putih,” kata wisatawan asal Kota Mataram Ririn Sintani, di Mataram, Senin, 23 Oktober 2017.

Tidak terdapat sarana prasarana seperti dermaga maupun akses jalan permanen atau jalan setapak. Secara administrasi, Gili Lontar terletak di Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong.
Kondisi Ekosistem Gili Lontar ditumbuhi vegetasi yang cukup lebat dan tebal yang didominasi oleh pohon resede (kleresede). Adapun di tengah pulau terdapat ruang terbuka yang dipenuhi oleh ilalang dan rumput hijau subur.

Gili Lontar juga memiliki keindahan panorama alam bawah laut dan daratan. Perairan di sekitar Gili Lontar yang bersih dan jernih serta pantai berpasir putih. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat menyelam. Sebab bawah lautnya menyimpan keindahan berupak aneka terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang lucu.

“Kalau pergi jangan lupa bawa alat snorkel, karena di sana itu sangat cocok untuk menyelam. Bawah lautnya sangat indah. Selain itu ombaknya juga tidak keras, jadi kita bisa menikmati suasana pantai dengan nyaman,” ujarnya.

Selain menyelam, di gili ini wisatawan juga dapat menikmatinya dengan berbagai cara. Diantaranya berjemur (sun bathing), parasailing, scuba diving, olahraga air flow (watersport), jetsky, banana fishing boat, paralayang hingga memancing.

Gili ini belum banyak dikunjungi wisatawan, sehingga masih sangat asri dan tidak banyak sampah. Wisatawan dapat menjadikan Gili Lontar sebagai destinasi untuk menghabiskan akhir pekannya. (lin)