Imigrasi Lotim Segera Beroperasi

Selong (Suara NTB) – Kantor pelayanan imigrasi di Lombok Timur (Lotim) segera akan beroperasi. Adanya kantor pelayanan imigrasi di Gumi Selaparang ini sebagai wujud komitmen Pemkab Lotim mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Hal ini dinyatakan Wakil Bupati Lotim, H. Haerul Warisin. Menjawab Suara NTB, Selasa 18 Oktober 2016, Wabup menyampaikan kantor tempat pelayanan pembuatan paspor sudah siap dan peralatan sudah siap dihadirkan. Begitu pula petugas yang akan dilimpahkan dari Kantor Imigrasi Mataram. ‘’Seorang PNS asal Lotim juga sudah diutus khusus untuk mengikuti pelatihan pelayanan keimigrasian,’’ terangnya.

Iklan

Hadirnya kantor pelayanan keimigrasian di Lotim ini cukup beralasan, karena Lotim sebagai kantong TKI. Jumlah TKI asal Lotim terbilang terbanyak se Indonesia. Data tahun 2014, jumlah TKI versi Kabupaten Lotim sebanyak 14.889 orang, sedangkan data BP3TKI sebanyak 24.526 sedangkan versi BNP2TKI sebanyak 29.510 orang. Tahun 2015 versi Kabupaten jumlahnya 13.594 orang, versi BP3TKI sebanyak 18.279 dan versi BNP2TKI sebanyak 22.951.

Baginya, Lotim sudah wajib ada kantor pelayanan imigrasi. Tidak saja karena alasan banyaknya TKI, saat ini tidak sedikit warga Lotim yang pergi ke luar negeri, seperti melakukan kegiatan ibadah umrah ke tanah suci Makkah. Saat ini, pembuatan paspor tidak jauh beda dengan pembuatan KTP.

Tekad Pemerintah Kabupaten Lotim, ingin memberikan keringanan syarat ke luar negeri. Mengurus paspor ke depan ini sudah tidak lagi ke Mataram, karena semua pelayanan sudah dekat. Didekatkannya pelayanan itu juga dimaksudkan agar masyarakat bisa lebih irit. “Kalau ke Mataram, berapa uang untuk sewa mobil dan semacamnya,” ujarnya menggambarkan. (rus)