IMI NTB Siap Turun Tangan, Lobi Kejuaraan Asia Motocross di Sirkuit Lantan

0
H. Lalu Herman Mahaputra (Suara NTB/dok)

Praya (Suara NTB) – Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB akan mengupayakan membawa Kejuaraan Asia Motocross ke Lombok Tengah (Loteng). Dengan Lantan 459 International Motocross Circuit bakal menjadi venue penyelenggaraanya. Hal itu disampaikan Ketua IMI NTB,  dr. H. Lalu Herman Mahaputra, kepada Suara NTB, Senin, 9 Mei 2022.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya memang masih fokus mempersiapkan gelaran MXGP di Samota, Sumbawa. Meski demikian, usaha untuk membawa event-event lainnya ke NTB tetap dilakukan. Termasuk event untuk di sirkuit motocross di Desa Lantan tersebut.

IKLAN

“Nanti kita akan coba berdiskusi untuk bisa menggelar kejuaraan daerah (kejurda) maupun kejuaraan nasional. Termasuk dengan tim FIM Asia, supaya bisa juga menggelar kejuaraan asia di sirkuit motocross ini. Setelah event MXGP di Samota Sumbawa,” sebutnya.

Tapi yang paling penting sekarang NTB kini sudah punya dua sirkuit motcross dan ini mungkin yang pertama. Ia pun menyampaikan apresiasi yang tinggi atas keberanian pemerintah daerah, dalam hal ini Bupati Loteng yang telah berani membangun sirkuit motocross berstandar internasional.

Dengan keberadaan sirkuit motocross di Loteng tersebut pihaknya berharap bisa menjadi wadah pembinaan bagi potensi pembalap daerah. Yang pada akhirnya nanti bisa berprestasi tidak hanya di kancah NTB, tapi juga nasional bahkan internasional.

“Soal masih ada kekurangan di sirkuit tentu sesuatu yang wajar karena memang ini baru. Dan, nanti sambil berjalan akan dibenahi untuk penyempurnaannya kedepan. Tapi yang pasti, Bupati Loteng sudah berani memulai. Jika ada kekurangan semua ada prosesnya,” tandas Direktur RSUD Provinsi NTB ini.

Hal senada juga disampaikan Ketua Komisi Motocross FIM Asia, Frans Tanujaya. Saat ini pihaknya tengah membahas rencana membawa kejuaraan motocross Asia di sirkuit motocross Desa Lantan. Jika dilihat dari aspek sirkuit, sirkuit Lantan sudah sangat layak menggelar kejuaraan tingkat Asia. Bahkan kejuaraan dunia sekelas MXGP sekalipun. “Sirkuit Lantan sangat layak menggelar kejuaraan motocross dunia. Jadi kita tidak ragu membawa kejuaraan asia disini,” imbuhnya.

Lebih lanjut mantan pembalap nasional ini menambahkan, untuk bisa menggelar kejuaraan motocross Asia masih ada beberapa aspek yang perlu dibenahi. Terutama soal kesiapaan infratruktur penunjang. Terutama akses jalan dari dan menuju sirkuit, perlu diperlebar lagi. Supaya mobilitas tidak terganggu.

“Kalau dari aspek sirkutitnya, bisa dikatakan sudah siap. Kalaupun ada pembenahan, hanya detail-detail kecil saja. Yang paling penting sarana penunjang terutama infrastruktur jalan, masih butuh penanganan lagi. Termasuk fasilitas penunjang di luar sirkuitnya,” tutup Frans. (kir)

IKLAN