Ibu Nuril Akhirnya Divonis Bebas

Mataram (Suara NTB) – Baiq Nuril Maknun (36) terbukti tidak bersalah dan akhirnya diberi vonis bebas dari jerat UU ITE. Majelis hakim membebaskan Nuril dari dakwaan distribusi konten asusila dugaan rekaman cabul mantan Kepala SMAN 7 Mataram, H. Muslim.

Ketua majelis hakim Albertus Usada mengetuk palu sidang usai membacakan amar putusan yang membebaskan Nuril dari jerat pasal 27 ayat 1 juncto pasal 45 ayat 1 UU 11/2008 tentang ITE, Rabu, 26 Juli 2017 di Pengadilan Negeri Mataram.

Iklan

“Menyatakan terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan jaksa penuntut umum,” tegasnya didampingi hakim anggota, Ranto Indra Karta dan Ferdinand M. Leander.

“Oleh karenanya memerintahkan agar terdakwa dibebaskan segera setelah putusan ini diucapkan dari status tahanan kota,” imbuh dia. Hakim juga memvonis, agar jaksa memulihkan hak, harkat, dan martabat Nuril.

Tangis Nuril kemudian pecah setelah mendengar putusan hakim, berbarengan dengan riuh syukur para pendukung gerakan #SaveIbuNuril di dalam ruang sidang.

Jaksa Ida Ayu Putu Camundi Dewi sebelumnya menuntut Nuril dengan pidana penjara enam bulan dan denda Rp 500 juta.

“Biarkan ini menjadi bahan kajian para pemangku kepentingan di luar sana, baik para akademisi dan praktisi,” kata Usada.

“Kami majelis hakim mempertaruhkan kredibilitas kami sebagai hakim di hadapan publik dalam memutus perkara ini,” tutupnya sambil mengetuk palu tiga kali tanda ditutupnya persidangan. (why)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional