Ibu dan Bayi Usia Sembilan Hari Terkonfirmasi Positif Covid-19

Maman. (Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Ibu dan bayi usia sembilan hari di Dompu, terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu berdasarkan hasil pengujian swab di Laboratorium Sumbawa Technopark pada Minggu 20 September 2020. Keduanya merupakan pasien bersalin yang tengah ditangani tim medis rumah sakit umum.

Plh. Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu, Maman, Skm., MMKes., dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya bayi terpapar Covid-19, ia Mh asal Desa Nowa yang baru saja berusia sembilan hari. “Ia memang ada bayi yang baru lahir positif Covid-19,” ungkapnya.

Iklan

Mh terpapar virus berbahaya tersebut lantaran kontak erat dengan sang ibu, yang mana ia termasuk salah satu perawat terkonfirmasi positif Covid-19.

Atas hasil itu, lanjut Maman, keduanya langsung menjalani isolasi di rumah sakit umum, bersamaan dengan empat pasien positif Covid-19 lainnya dari kalangan masyarakat dan tenaga kesehatan. “Jadi tenaga kesehatan dari rumah sakit ada empat orang, mereka langsung diisolasi di lantai II,” ujarnya.

Disinggung data keseluruhan pasien terpapar Covid-19, Maman menyebutkan, sampai saat ini sudah tercatat 48 orang. Dua diantaranya telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke rumah masing-masing, sehingga tersisa hanya 46 orang. Mereka sebagian besar merupakan tenaga kesehatan dan paramedis dari Puskesmas Kota dan rumah sakit umum.

Kendati jumlah warga dan tenaga kesehatan terpapar terus bertambah, ia meyakinkan sarana isolasi untuk penanganan pasien secara intensif masih cukup memadai. Karena selain tersedia di rumah sakit umum dan RS Pratama Manggelewa, pihaknya memiliki wisma tepijar untuk karantina pasien terkonfirmasi positif Covid-19. “Untuk sementara masih mencukupi, di Sanggilo (Wisma Terpijar) juga dari 32 tempat tidur baru terisi setegahnya, terus RS Pratama masih sangat memungkinkan untuk isolasi,” pungkasnya. (jun)