HUT Sumbawa Ke-60, Penanggung Jawab Suara NTB Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif

Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril, menyerahkan penghargaan Tokoh Inspiratif Sumbawa 2019 kepada H. Agus Talino (tengah), pada puncak peringatan HUT Kabupaten Sumbawa ke-60 Tahun 2019, Selasa, 22 Januari 2019. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pada puncak peringatan HUT Kabupaten Sumbawa ke-60 Tahun 2019, Selasa, 22 Januari 2019 kemarin, Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc menyerahkan penghargaan kepada lima Tokoh Inspiratif Sumbawa 2019. Salah seorang peraih penghargaan sebagai Tokoh Inspiratif Sumbawa 2019 adalah Penanggung Jawab Harian Suara NTB yang juga Direktur Radio Global FM Lombok, H. Agus Talino.

Sedangkan empat tokoh lainnya adalah, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE.M.Sc,  Adi Pranajaya, Dr. Kahar Maranjaya dan Tajuddin SH.

Iklan

Agus Talino, adalah sosok junalis senior, merupakan alumni Stikosa-AWS Surabaya. Pernah mengikuti pendidikan di Lembaga Pers Dr. Sutomo (LPDS) Jakarta untuk memperdalam ilmu jurnalistik. Putra Sumbawa kelahiran Kecamatan Utan ini, sering mengisi acara-acara diskusi dan seminar. Sering memberi pelatihan jurnalistik. Termasuk memberi kuliah umum tentang jurnalistik.

Banyak gagasan yang lahir dari pikiran H. Agus Talino yang berkontribusi bagi pembangunan NTB dan Sumbawa khususnya. H. Agus Talino adalah Kepala Perwakilan Bali Post NTB. Juga Penanggung Jawab Harian Umum Suara NTB dan Direktur Radio Global FM Lombok.

Dr. H. Zulkieflimansyah. Gubernur NTB, salah satu putra terbaik Tana Samawa yang sukses meniti karier di pusat. Berbekal pendidikan di Universitas Indonesia, Univercity of Strathclycle UK dan beberapa perguruan tinggi di luar negeri lainnya, mampu mengantarkannya sebagai dosen, peneliti dan legislator Senayan yang populer selama beberapa periode.

Sosok yang telah melahirkan ide dan membangun Olat Maras sebagai pusat pendidikan yang dikenal dengan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) adalah putra Sumbawa pertama yang menjadi Gubernur NTB.

Tokoh inspiratif lainnya, Adi Pranajaya, putra Sumbawa yang dikenal sebagai seorang surtadara dan sineas yang memiliki reputasi tingkat nasional. Berbagai film khususnya film pendek banyak lahir dari sentuhan jiwa sineasnya. Tercatat Film Perang Sapugara yang cukup melegenda, sampai film Matahari-Matahari  yang baru-baru ini ditayangkan adalah karya sosok pengajar di Institut Kesenian Jakarta ini.

Kemudian Dr. Kahar Maranjaya,  putera Sumbawa yang sukses di Jakarta dalam bidang pendidikan. Berprofesi sebagai dosen, saat ini putra Pungkit ini berhasil menjadi Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta. Beliau rajin datang ke Sumbawa untuk mengajak generasi muda melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Terakhir, Tajuddin S.H, mantan Camat Moyo Utara ini merupakan sosok yang disiplin membangun masyarakat dengan potensi yang ada di wilayahnya. Tercatat di Labangka, Utan, Lenangguar dan Moyo Utara, Tajuddin mampu menginspirasi masyarakat untuk menjadikan jagung sebagai komoditi unggulan dan beberapa kali menjadi mewujudkan Panen Raya Jagung. Sehingga Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sumbawa ini dikenal sebagai Camat Jagung.

Pada upacara HUT Sumbawa yang berlangsung Selasa, 22 Januari 2019 kemarin, hadir Wakil Gubernur (Wagub) NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. Wagub menyerahkan 20.000 sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan program retribusi tanah objek Landform dan diterima secara simbolis.

Diserahkan pula dua unit microbus secara simbolis, yang ditujukan sebagai alat moda transportasi pedesaan, dengan sasaran hibah kepada Bumdes “Permata” Desa Mata Kecamatan Tarano dan Bumdes “Prode I” Kecamatan Plampang dari DAK Afirmasi Bidang Transportasi Kementerian Desa PDTT.

Acara tersebut dirangkaikan juga dengan peresmian dan launching Sumbawa Smart City yang ditandai dengan penekanan tombol oleh Wagub NTB didampingi Bupati Sumbawa. Dilanjutkan dengan penganugerahan Duta Internet Cerdas Kreatif dan Produktif (INCAKAP) Kabupaten Sumbawa Tahun 2018.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi NTB tentang pengembangan klaster kopi di Kabupaten Sumbawa. (arn)