Husni Djibril Lantik Pejabat Dalam Mutasi Perdana di Pemkab Sumbawa

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Mutasi perdana dalam pemerintahan Husni-Mo digelar, Senin, 10 Oktober 2016. Terdapat sekitar 84 poisisi pejabat struktural berganti. Tanpa demosi dan ada beberapa yang mendapat promosi jabatan. Penantian yang sedikit terbayar, namun belum tuntas karena penataan personil birokrasi masih akan terus berlanjut, terutama pada akhir tahun ini.

Berdasarkan SK Bupati Sumbawa Nomor 1024 Tahun 2016, tentang Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Struktural di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa, beberapa pejabat yang menempati jabatan baru diantaranya Drs. Didi Darsani, A.Pt sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Muhammading sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Ir. A. Yani sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, H. Burhan SH, MH sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, Dr. H. M. Ikhsan Safitri.,M.Si sebagai Kepala BPM-PD Kabupaten Sumbawa, Drs. Arif., M.Si sebagai Kepala Diskoperindag Kabupaten Sumbawa, Drs. Zainal Abidin sebagai Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sumbawa, H. Amri, S.sos.,M.Si sebagai Sekretaris pada Sekretariat DPRD Kabupaten Sumbawa, Drs. Abdul Gani Nasby sebagai Kepala BKPP Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Naziruddin.,M.Si sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Yahya Adam, BA, sebagai Kepala Badan Kesbangpoldagri, Drs. H. Hasan Basri sebagai Inspektur Kabupaten Sumbawa.

Iklan

Kemudian A. Rahim S. Sos sebagai Kepala BP4K Kabupaten Sumbawa, Tarunawan, S.Sos, S.P sebagai Kepala Distan TPH Kabupaten Sumbawa, Ir. Talifuddin., M.Si sebagai Kepala Disnakeswan Kabupaten Sumbawa, Ir. Sigit Wiratsongko sebagai Kepala BPM-LH Kabupaten Sumbawa, Ir. Dirmawan sebagai Kepala Dislutkan Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Junaidi, M.Si sebagai Kepala Disporabudpar Kabupaten Sumbawa, Ir Mukmin sebagai Kepala Dishubkominfo Kabupaten Sumbawa, Ir. Syafruddin Nur sebagai Kepala Disnakertrans Kabupaten Sumbawa, Trikaryati, S.Sos sebagai Kepala Disos.

Selain itu, Drs. Heri Heryanto Diaz sebagai Camat Alas, H. Abdul Muis, S.AP sebagai Camat Lenangguar, Abdul Haris, S.Sos sebagai Kabag Aset Setda Sumbawa, Varian Bintoro, S.Sos., M.Si sebagai Camat Sumbawa, Abdul Rais, S.H sebagai Camat Lunyuk, Syahruddin, S.H sebagai Camat Utan, Drs. Irawan Subekti sebagai Camat Unter Iwes, A. Hasyim, B. S.Sos sebagai Camat Moyo Hilir, Lukmanuddin, S.Sos sebagai Camat Maronge, Sulaiman S.Sos sebagai Camat Buer, Tajuddin, SH sebagai Camat Moyo Utara, Drs. Iwan Sofian sebagai Camat Lantung, Hisbullah, S.Sos sebagai Camat Labuhan Badas, Mulyadi, S.Sos sebagai Camat Moyo Hulu, Hartono, S.Sos sebagai Camat Rhee, Budi Santoso, S.Sos., M.Si sebagai Camat Labangka, Drs. Ibrahim S. Patawari sebagai Sekretaris BKBPP, Ir. Armawan Jaya sebagai Sekretaris Dinas PU.

 “Saya sengaja menggunakan diksi ‘sedikit terbayar’ karena memang agenda penataan personel yang dilakukan belum sepenuhnya tuntas. Penataan personel yang jauh lebih komprehensif baru bisa dilaksanakan pada akhir tahun nanti seiring dengan berlakunya perangkat daerah yang baru. Untuk sampai pada pelaksanaan mutasi hari ini, sudah banyak tahapan yang telah dijalankan. Saya bersama dengan Wakil Bupati dibantu sekretaris daerah telah mengamati kinerja saudara-saudara sekalian dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, terutama berkaitan dengan penyelenggaraan pelayanan publik dan pelaksanaan program dan kegiatan yang tertuang dalam APBD 2016.  Khusus untuk pejabat eselon II juga telah dilaksanakan assessment oleh tim asesor dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, juga dilakukan penilaian oleh pansel yang kami bentuk. Semua itu dilaksanakan untuk mendapatkan hasil yang benar-benar obyektif,” kata Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril dalam sambutannya.

Bupati meyakini para pejabat ini memiliki kompetensi, kepedulian dan bersedia bekerja nyata untuk mensukseskan berbagai agenda program dan kegiatan pemerintahan kedepan. Kepada para pejabat yang baru dilantik diharapkan secepatnya membangun sinergi dan kolaborasi ditempat tugas baru. Dengan menjadikan tugas baru sebagai peluang dan tantangan untuk dapat memacu prestasi lebih baik dari posisi sebelumnya. Kemudian berbuat yang terbaik, berkontribusi yang maksimal untuk kemajuan Kabupaten Sumbawa. Wujudkan tim kerja yang disiplin dalam suasana kerja yang nyaman, inovatif dan bersahabat. Tak kalah penting adalah kerjasama tim baru di unit kerja harus mampu memberikan pelayanan yang cepat, mudah, murah serta harus ramah dan bersahabat. Sementara kepada pejabat yang meninggalkan posisi lama, Bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas segala linerja karya, dan pemikiran yang pernah didedikasikan untuk memajukan Kabupaten Sumbawa melalui unit kerja yang pernah dipimpin.

Dijelaskan Bupati, dalam menyelesaikan tahun anggaran 2016 dan menyongsong tahun 2017, harus lebih cermat, lebih cerdas dan lebih cepat dalam bekerja. Masih rendahnya serapan anggaran 2016, menjadi catatan khusus kepada para pejabat baru untuk segera disikapi dan diwujudkan dalam percepatan implementasi kegiatan. Demikian pula, menyongsong tahun 2017 dibutuhkan perencanaan yang lebih matang, serius dan terstruktur. Mengingat pada tahun 2017 alokasi anggaran minimal 25% untuk kepentingan yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat mutlak harus telah terwujud. Yang paling penting bahwa pada tahun 2017 organ-organ Pemerintahan Daerah Kabupaten Sumbawa akan dijalankan oleh OPD baru yang telah ditetapkan. Untuk itulah sejak saat ini, seluruh komponen perangkat daerah harus melakukan perencanaan 2017 secara terkoordinasi dengan mengurai RPJMD Kabupaten Sumbawa 2016-2021 dan organisasi perangkat daerah yang akan diberlakukan nantinya. Sehingga transformasi program dan kegiatan dari OPD yang saat ini masih dijalankan akan mudah, cepat dan tepat ke dalam komposisi OPD baru.(ind)