Pengamanan Pilkada Serentak 2020, Sinergi TNI – Polri Harga Mati

Suasana akrab personel Polda NTB, Korem 162/Wira Bhakti, Lanal Mataram, dan Lanud Zainudin Abdul Majid, Jumat, 14 Februari 2020 dalam kegiatan olahraga bersama Sinergitas TNI-Polri dalam menyukseskan pengamanan Pilkada Serentak 2020. (Suara NTB/Humas Polda NTB) 

Mataram (Suara NTB) – TNI-Polri menjadi garda terdepan menjaga kontestasi Pilkada Serentak 2020 berjalan aman. Aparat saling menguatkan untuk memastikan tahapan demokrasi lima tahunan di daerah tanpa gangguan. Hasilnya, pemimpin baik dapat lahir dari proses berlangsung kondusif tanpa distraksi.

Polda NTB, Korem 162/Wira Bhakti, Lanal Mataram, dan Lanud Zainudin Abdul Majid, Jumat, 14 Februari 2020 memperlihatkan kesolidannya dalam ramuan olahraga bersama. Mulai dari jalan sehat, senam pagi, latihan menembak, maupun memancing ikan kolam.

Baca juga:  Kasum TNI Dianugerahi Gelar Adipati Yudha Negare

“Kekeluargaan harus dipupuk terus. Menguatkan kesetiaan, loyalitas pada bangsa dan negara, dan kesadaran terhadap jati diri sebagai anak kandung rakyat,” tegas Kapolda NTB Irjen Pol Tomsi Tohir menyemangati pasukan TNI-Polri di Mako Brimob Polda NTB, Mataram.

Kesadaran diri personel tersebut, sambung dia, dapat menghindarkan dari sikap sewenang-wenang. Juga menegaskan bahwa aparat adalah pelayan rakyat. “Ini harus betul-betul tertanam dalam hati untuk tidak menempatkan diri di atas posisi rakyat,” urainya. Sikap tersebut diharapkan dapat menjadi perangkul masyarakat untuk bisa sama-sama menjaga keamanan demi lancarnya proses demokrasi dan pembangunan. Dipadu dengan komitmen kuat bersikap netral tidak berpolitik praktis mendukung salah satu pasangan calon peserta Pilkada.

Baca juga:  Pangdam Ingatkan Netralitas TNI

“Untuk Pilkada 2020, netralitas TNI tidak perlu diragukan lagi. Kita akan support pemenangnya tidak ada permasalahan yang penting jaga situasi,” kata Tomsi. Dalam setiap rangkaian Pilkada, kerawanan wajib ada. Yang menentukan adalah bagaimana mendeteksinya secara dini dan cepat menyelesaikannya. Polda NTB menguatkan koordinasi dengan penyelenggara. “Untuk memberi wawasan peserta dan pendukung mudahan Pilkada di Provinsi NTB bisa terselenggara dengan baik,” harapnya.

Baca juga:  Pemungutan Suara Pilkada 2020 Tetap Sesuai Jadwal

Danrem 162/Wira Bhakti Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani menerangkan, kegiatan bersama baik olahraga maupun pengamanan menunjukkan solidnya TNI-Polri di NTB. Buktinya, pengamanan Pilpres maupun Pilkada serentak sebelumnya selalu berjalan lancar. “Sinergitas di NTB semakin meningkat. Tahun lalu kita buktikan di Pilpres, Pilgub, bahkan kegiatan pengamanan lainnyua. Kita bersinergi. TNI-Polri sinerginya harga mati,” tutup Rizal. (why)