Beranda Yustisi Polda NTB Turun Cek Fisik Dermaga Waduruka

Polda NTB Turun Cek Fisik Dermaga Waduruka

0
2
Ilustrasi dermaga labuhan lalar. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Proyek Dermaga Waduruka, Langgudu, Kabupaten Bima tahun 2018 menjadi atensi Polda NTB. Tim penyidik turun lagi memeriksa fisik pekerjaan proyek senilai Rp4,52 miliar tersebut. Penyelidikan masih berjalan.

Kasubdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda NTB AKBP Widy Saputra menjelaskan, pihaknya bersama tim penyidik sudah meninjau lokasi proyek yang mangkrak pengerjaannya tersebut. “Saya baru dari Bima mengecek itu,” ungkapnya, Rabu, 5 Februari 2020.

Dia mengatakan, pengecekan itu berkaitan dengan proses penyelidikan yang masih berjalan. Yang mana penyelidikan kasus itu sudah dimulai sejak tahu 2019 lalu. “Saya turun karena lihat berkas-berkas apa saja yang ditangani di sini,” jelasnya.

Di tahap awal penyelidikan lalu, penyidik sudah meminta klarifikasi pejabat pembuat komitmen pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB. Analisa dokumen nantinya jika diperlukan akan dibarengi dengan hasil pengecekan tim ahli konstruksi. Penyidik belum mendapat petunjuk soal spesifikasi pekerjaan proyek.

Kasus itu mulai ditangani sejak proyek senilai Rp4,52 miliar itu tidak selesai tepat waktu. Kontraktor pelaksana dijatuhi denda keterlambatan. Di lapangan pun muncul polemik. Warga setempat menagih kekurangan pembayaran terhadap material yang dipakai kontraktor.

Pada proyek tersebut, BPBD Provinsi NTB sudah membayarkan uang muka dan termin pertama pembayaran sejumlah Rp2,71 miliar. Hal itu tampak dari temuan BPK atas pengelolaan APBD Provinsi NTB 2018.

Proyek molor dari tenggat akhir waktu pengerjaan sehingga BPK menghitung penagihan denda keterlambatan sebesar Rp286,75 juta. Proyek itu dikerjakan PT AJA dengan nilai kontrak Rp4,52 miliar dari total harga perkiraan sendiri (HPS) 4,8 miliar. (why)

  Mayat Bayi Ditemukan Hanyut di Sungai

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here