Skimming ATM BNI, Bule Bulgaria Dihukum 2,5 Tahun Penjara

Polisi menunjukkan paspor WN. Bulgaria pelaku skimming ATM, beberapa waktu lalu.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Warga negara asing asal Bulgaria, Georgiev Kaloyan Petrov alias Michael terbukti bersalah melakukan skimming ATM BNI di Cakranegara, Mataram. Petrov dijatuhi pidana penjara selama dua tahun enam bulan.

“Pidana yang dijatuhkan kepada terdakwa sesuai dengan tuntutan jaksa,” ucap Juru Bicara Pengadilan Negeri Mataram, Didiek Jatmiko, Kamis, 23 Januari 2020.

Baca juga:  Lomba Foto Pariwisata dan Budaya, Bank NTB Syariah Siapkan Hadiah Rp60 Juta

Petrov terbukti membobol sistem elektronik ATM BNI di depan Hotel Ratih Jalan Pejanggik, Cakranegara, Mataram pada Jumat 9 Agustus 2019 lalu. “Secara melawan hukum mengakses sistem elektronik milik orang lain untuk mendapatkan data elektronik,” imbuhnya.

Baca juga:  Terduga Pencuri Spesialis Perumahan Kuras Tabungan Korban

Sebelumnya, jaksa penuntut umum Kejari Mataram Ema Muliawati mengajukan tuntutan yang sama, yakni pidana penjara selama 2 tahun enam bulan.

Modusnya, menggunakan ATM bodong dengan data yang sudah dicuri sebelumnya. Data yang sudah dicuri sebelumnya, dimasukkan ke dalam kartu berpita magnet yang digunakan untuk membuka kunci pintu.

Baca juga:  Lomba Foto Pariwisata dan Budaya, Bank NTB Syariah Siapkan Hadiah Rp60 Juta

Data di dalam kartu tersebut, dikirim dari luar negeri. Petrov menarik uang dengan 17 kartu ATM bodong. Petrov bertransaksi menarik uang dari ATM yang sama tiga hari berturut-turut. Total uang yang ditarik sebesar Rp42,3 juta. (why)