PPNS Kantongi Calon Tersangka Perambah Hutan

Kondisi kawasan hutan di wilayah ilustrasi Tambora yang rusak parah. (Suara NTB/ars)

Dompu (Suara NTB) – Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) gabungan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Toffo Pajo Madapangga Rompu Waworada (TPMRW) dan DLHK Provinsi NTB, rampung memeriksa sejumlah saksi terkait kasus pengangkutan kayu sonokeling dari kawasan hutan lindung pada Kamis, 2 Januari 2020. Bahkan, identitas calon tersangkanya telah dikantongi. Demikian diungkapkan Kepala KPH TPMRW, Syaiful ketika dikonfirmasi Suara NTB.

Merujuk pada laporan PPNS gabungan yang sudah memeriksa saksi serta melakukan proses lacak balak sepekan terakhir ini, dipastikannya kayu olahan berbentuk balok itu bersumber dari kawasan hutan lindung. Karenanya, penanganan perkara tersebut akan dilanjutkan sampai ke meja hijau. “Kayu ini kita pastikan ilegal karena berasal dari kawasan hutan. Bahkan sudah ada calon TSK-nya,” jelas dia.

Calon tersangka dimaksud apakah dari oknum pengusa yang membeli atau pengangkut serta penebang, Syaiful belum bisa membeberkan secara detail. Sebab masih ada beberapa item tambahan yang masih memerlukan pendalaman. Intinya, tegas dia, pengangkutan sekitar 7 kubik kayu sonokeling menggunakan truk bernopol F 8902 UQ ini akan berlanjut hingga persidangan.

Sementara untuk mengantisipasi terulangnya kegiatan serupa di wilayah TPMRW. Disamping mengintesifkan patroli lapangan, pihaknya akan bersurat ke DLHK NTB untuk dilakukannya operasi besar-besaran.

Harapan tersebut menyusul potensi sonokeling di hutan tersebut makin hari semakin berkurang seiring berubah-ubahnya modus para pelaku penebangan liar. “Personelnya nantikan di bawah kendali dinas langsung. Karena eskalasinya akhir-akhir ini cukup tinggi,” ujarnya.

Sebelumnya, Tim Gabungan Pengamanan Hutan Pamhut TPMRW, berhasil mengamankan truk bermuatan kayu sonokeling di simpang tiga Makodim 1614/Dompu, Kamis, 2 Januari 2020 Pukul 15.00 Wita. Kuat dugaan kayu olahan berbentuk balok tersebut bersumber dari kawasan hutan lindung. Disamping barang bukti, Ovan supir truk Bernopol F 8902 UQ turut diamankan. (jun)