Beranda Yustisi Polres Lobar Usut Dana RTG Tiga Pokmas

Polres Lobar Usut Dana RTG Tiga Pokmas

Ilustrasi pembangunan RTG yang mangkrak. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Polres Lombok Barat menyelidiki dugaan korupsi bantunan dana rehab rumah tahan gempa (RTG). Diantaranya di Desa Jagaraga Indah dan Kuripan Selatan, Kecamatan Kuripan, Lombok Barat. Polisi mendalami indikasi penyimpangan dalam penyaluran dananya.

“Iya yang kita tangani masih penyelidikan. Ada tiga,” terang Kasatreskrim Polres Lombok Barat AKP Priyo Suhartono dikonfirmasi kemarin di Mataram.

Dia mengatakan, penyelidikan itu terkait dana yang dipergunakan untuk membeli material bangunan. Sejumlah Pokmas di dua desa tersebut membangunan RTG konvensional yang dikerjakan secara swakelola.

“Dananya sekitar Rp100 jutaan. Ini masih kita dalami,” terangnya. Indikasi penyimpangan yang dilaporkan di Dusun Adeng Daye Jagaraga Indah terkait pembelian material di UD IM.

Penyidik, imbuh Priyo, sudah mengumpulkan dokumen. Demikian juga dengan klarifikasi saksi. Diantaranya, penyedia bahan material, toko bangunan, ketua Pokmas, dan warga penerima bantuan.

Priyo masih enggan membeberkan hasil klarifikasi tersebut. Dia berdalih kasus yang masih dalam tahap penyelidikan belum bisa diungkapkan. “Nanti saja kan ini masih lid (penyelidikan),” terangnya.

Sebelumnya diberitakan, Polda NTB mencatat laporan 13 kasus terkait dana bantuan RTG. Dua kasus sudah di tahap penyidikan, yakni kasus RTG Pokmas Repok Jati Kuning, Lingsar, Lombok Barat dan dugaan pemerasan oleh fasilitator di Lombok Tengah. Kemudian kasus lainnya antara lain, dugaan pemotongan dana stimulan bantuan korban gempa di Desa Narmada, Kecamatan Narmada. Penanganannya masih penyelidikan Ditreskrimsus Polda NTB.

Dugaan penyalahgunaan dana gempa di Kalimango, Alas, Sumbawa. Dugaan pemotongan dana bantuan gempa di Aik Darek, Lombok Tengah. Dugaan dana gempa dibawa kabur aplikator di Tanak Kaken, Sakra, Lombok Timur. Dugaan penyimpangan penyaluran dana gempa di Jagaraga Indah, Kuripan, Lombok Barat.

  Bendahara Pokmas Diduga Pakai Dana Gempa untuk Judi

Dugaan penyimpangan dana gempa di Kuripan Selatan, Kuripan, Lombok Barat. dugaan markup spek RTG Desa Malaka, Pemenang, Lombok Utara. Dugaan penipuan pembangunan RTG di Kayangan, Lombok Utara. Dugaan penyimpangan bantuan dan dugaan bangunan tidak sesuai spek dan dugaan penyimpangan dana rehab rekon di empat desa di Lombok Utara. (why)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here