Tersangka Pencuri Mesin Perahu Nelayan Ditangkap

Para tersangka pelaku pencurian mesin perahu nelayan di pesisir pantai Ekas Buana Kecamatan Jerowaru saat diamankan beserta barang bukti, Jumat, 22 November 2019. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Empat tersangka pelaku pencuri mesin perahu nelayan di pesisir pantai Ekas Buana Kecamatan Jerowaru diringkus oleh aparat kepolisian.

Penangkapan keempat pelaku beserta barang bukti setelah adanya laporan dari masyarakat. Selain para pelaku, satu orang penadah atas nama Mustam (35) asal Dusu Awang Asem Desa Mertak, Pujut, Loteng juga turut diamankan.

Keempat pelaku di antaranya, Arif alias amaq Titin(47), Juman alias Jumini (35), Jumahir alias amaq Raya (24) dam Rangan alias Jumini (40).

Keempat pelaku maupun penadah merupakan warga Kabupaten Lombok Tengah yang kerap melakukan aksi pencurian di Kabupaten Lotim khususnya di bagian selatan. Di mana korban terakhir Juisan alias amaq Sandi (45) asal Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru.

Baca juga:  Dua Terduga Pelaku Curas Ditangkap Polisi

Kepada Suara NTB, Jumat, 22 November 2019, Kasat Reskrim Polres Lotim, AKP I Made Yogi Purusa Utama, SE,SIK, mengatakan bahwa dalam melakukan aksinya, para pelaku berjumlah 4 orang berangkat dari Awang Lombok Tengah menggunakan perahu milik pelaku, Arif.

Saat tiba di TKP, 3 orang pelaku langsung turun mengambil mesin perahu milik korban yang terparkir di pesisir pantai sejumlah 5 unit. Selanjutnya setelah berhasil, para pelaku kembali ke rumah Arif membawa barang hasil curian tersebut. Kemudian setelah beberapa menit pelaku menghubungi Mustam untuk menjual mesin perahu hasil curian tersebut dan di simpan di rumah Mustam.

“Pelaku kami tangkap di wilayah Awang Desa Mertak, Kecamatan Pujut sesaat setelah para pelaku selesai melakukan aksinya. Namun saat dilakukan penangkapan para pelaku kabur dan terjadi aksi kejar-kejaran sehingga petugas mengambil tindakan tegas terukur dengan melumpuhkan pelaku dengan tembakan dan menembus kaki keempat pelaku,” terangnya.

Baca juga:  Satpam Diduga Curi Laptop Penghuni Kos

Selain mengamankan para pelaku, petugas juga berhasil menyita 5 unit mesin perahu ditemukan di rumah penadah, Rusta dan 1 unit mesin perahu ditemukan di rumah pelaku, Arif yang merupakan barang bukti hasil curian para pelaku.

Setelah dilakukan interogasi, diketahui bahwa pelaku kerap melakukan aksinya di wilayah pesisir pantai Ekas dan sekitarnya. Sementara salah satu pelaku yakni, Jumahi merupakan residivis pelaku curas.

“Saat ini pelaku dan barang bukti diamankan di Polres Lotim untuk pengembangan dan proses hukum lebih lanjut,” pungkas Yogi. (yon)