Curi Kotak Amal Masjid, Pemuda Tanggung Dihakimi Warga

Ilustrasi pencurian (Sumber Foto : Needpix)

Praya (Suara NTB) – Seorang pemuda asal Lembar,  Lombok Barat (Lobar) Ade Kurniawan, Kamis, 7 November 2019 dini hari, babak belur dihakimi warga. Setelah tertangkap tangan hendak mencuri uang amal masjid di Desa Pagutan, Kecamatan Batukliang Lombok Tengah (Loteng). Beruntung, nyawa pelaku berhasil diselamatkan oleh aparat kepolisian setempat.

Aksi pencurian diduga dilakukan sekitar pukul 02.00 Wita. Saat itu pelaku masuk ke dalam Masjid Nurul Yaqin Desa Pagutan, dengan mencongkel salah satu jendela masjid. Aksi pelaku diketahui oleh Amaq Sirah warga setempat yang tengah melintas.

Mengetahui ada pelaku, saksi lantas menghubungi warga lainnya. Tidak lama berselang, warga sudah mengepung masjid tersebut. Pelaku yang tidak sadar sudah dikepung warga, terus berupaya mencongkel kotak amal untuk mengambil isinya.

Baca juga:  Terduga Pencuri Spesialis SD dan Pesantren Diciduk

Tidak mau menunggu lama, warga langsung menggerebek pelaku. Hingga membuat pelaku tak berkutik. Oleh warga, pelaku langsung ditangkap dan digelandang

keluar dari masjid. Saat itu, tiba-tiba warga yang emosi langsung menghakimi pelaku hingga babak belur.

Pelaku yang tak berdaya hanya bisa pasrah menerima tendangan dan bogem mentah warga yang emosi. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pelaku sempat diamankan di salah satu rumah warga. Aparat Polsek Batukliang yang mendapat informasi tersebut datang beberapa saat kemudian. Dan, langsung berusaha mengevakuasi pelaku.

Baca juga:  Berkat Rekaman CCTV, Polisi Bekuk Buronan Pelaku Curanmor

Setelah berkomunikasi dengan warga, polisi akhirnya berhasil mengamankan pelaku. Untuk kemudian dibawa ke Puskesmas Mantang, guna mendapat perawatan medis atas luka yang dialamnya.

“Pelaku sempat dirawat di Puskesmas Mantang, setelah berhasil dievakuasi oleh polisi,” aku Kapolres Loteng, AKBP Budi Santosa, SIK.M.H., Kamis siang kemarin.

Usai mendapat perawatan medis, pelaku kemudian digelandang ke Mapolsek Batukliang untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut. “Sementara pelaku sudah diamankan di Polsek Batukliang untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut,” tandasnya. (kir)