Polresta Mataram Tangkap Spesialis Curanmor Lintas Kota

Kawanan pencuri spesialis curanmor diamankan di Mapolresta Mataram, Selasa, 5 November 2019. Kawanan sebanyak dua orang itu diduga mencuri motor di tiga kabupaten/kota. (Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Mencuri sepeda motor sudah menjadi seperti keseharian Jakfar (47). Residivis kasus narkoba ini tercatat sudah 16 kali menggasak motor di Kota Mataram, Lombok Barat, dan Lombok Utara. Sebanyak itu pula dia ditangkap polisi.

Aksi terakhirnya tak tanggung-tanggung. Mencuri dua motor selama dua hari berturut-turut. Pertama di parkiran gerai seluler di Gerung Butun, Mandalika, Sandubaya. Keesokan harinya, di Rusunawa Lendang Lekong, Mandalika, Sandubaya.

“Yang pertama dia beraksi sendiri, yang kedua dia bersama kawannya,” ungkap Kapolresta Mataram AKBP H Saiful Alam Selasa, 5 November 2019 didampingi Kapolsek Cakranegara AKP Zaky Maghfur.

Baca juga:  Polda NTB Tembak Buron Pencuri Spesialis Motor

Di Gerung Butun, Jakfar yang baru setahun ini ke luar dari penjara ini disangka mengambil Yamaha Mio Nopol DR 5933 HD. Sementara bersama Jambul, dia diduga mencuri Astrea Grand bernomor polisi DR 5357 AI di parkiran Rusunawa.

“Modusnya mereka ini memantau kendaraan yang diparkir. Kemudian dicongkel kunci kontaknya dengan kunci T,” sebutnya. Tersangka Jambul lebih dulu ditangkap. Jambul lari dari kejaran polisi dengan pulang ke Pancordao, Batukliang, Lombok Tengah. Jambul yang terjepit lantas mengaku beraksi bareng Jakfar. Jakfar menyusul Jambul menuju sel tahanan Polresta Mataram setelah ditangkap di tepi jalan TGH Faesal Mandalika, Sandubaya. “Mereka ini pemetik yang selalu menjual motor hasil curiannya kepada seseorang berinisial MZ,” beber Alam.

Baca juga:  Polda NTB Tembak Buron Pencuri Spesialis Motor

Kapolresta menjelaskan bahwa Jakfar merupakan jaringan curanmor lintas kabupaten. Daerah yang menjadi sasarannya meliputi Kota Mataram, Lombok Barat, dan Lombok Utara. Motor hasil curian dijual lagi dengan harga kisaran Rp1,3 juta sampai Rp1,5 juta. “Mereka totalnya pernah mencuri sepeda motor sebanyak 16 kali. Tersangka Jakfar ini juga pernah masuk penjara karena kasus narkoba,” ungkap Alam. (why)