Diduga Curi Motor Teman, Rendi Ditangkap Polisi

Tersangka perampasan motor di Gunungsari, Lombok Barat digiring aparat Polres Mataram, Selasa, 17 September 2019. (Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Motor Tajali (30) yang baru berumur dua bulan dilarikan temannya sendiri, Rendi (22). Rendi mengatur siasat dengan mencuri kunci asli motor lebih dulu. Aksi Rendi tak berjalan mulus karena ketahuan. Walaupun dia sudah memakai cadar dari kain sarung.

Tajali awalnya kehilangan kunci motor. “Pelaku Rendi ini yang mengambil kuncinya. Tapi tidak ketahuan,” ungkap Kapolres Mataram AKBP H Syaiful Alam, Selasa, 17 September 2019 kemarin. Rendi hafal benar kebiasaan Tajali yang juga kawan akrabnya. Yakni calon korbannya itu sering menghabiskan waktu malam hari di sebuah warnet di tepi Jalan Raya Tanjung-Gunungsari, Dusun Lendang Bajur, Desa Tamansari, Gunungsari, Lombok Barat.

Baca juga:  Perantara Jadi Otak Pencurian Dumptruck

Kesempatan pada Selasa malam, 10 September 2019 itu tak disia-siakan Rendi. Dari kejauhan, dia melihat Tajali datang ke warnet dengan motor Scoopy abu-abu dengan nomor polisi DR 3302 MO.

“Pelaku menunggu. Sambil menutupi wajahnya dengan kain sarung, Rendi lalu mendatangi TKP dan menyalakan motor menggunakan kunci yang sudah dicuri sebelumnya itu,” terang Alam.

Tajali, meski di dalam warnet bermain internet tetap awas dengan motornya. Aksi Rendi ketahuan korbannya itu. Sontak Tajali berlari keluar menghampiri.

Rendi belum jauh berlari. Tajali sempat memegangi besi jok belakang motor. Tetapi Rendi cuek sambil terus menarik gas. Tajali sampai terseret sampai hampir sejauh 15 meter. Tapi usahanya yang membuat dia luka lecet di lutut, betis dan mata kaki itu tidak sia-sia. Rendi oleng lalu terjatuh.

Baca juga:  Residivis curanmor Spesialis Kampus Ditangkap

“Korban ini mengejar sambil berteriak yang menimbulkan perhatian. Pelaku dihadang masyarakat. Anggota Polsek Gunungsari yang kebetulan sedang patroli langsung mengamankan pelaku,” kata Kapolres.

Rendi terancam hukuman penjara paling lama sembilan tahun. Dia diduga mencuri dengan disertai kekerasan seperti diatur dalam pasal 365 KUHP. (why)