Kasus Agunan Lahan LCC, Jaksa Periksa Mantan Bupati Lobar Zaini Arony

Zaini Arony (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Kejati NTB melanjutkan penyidikan dugaan korupsi aset Pemkab Lombok Barat untuk pusat perbelanjaan Lombok City Center (LCC) dengan memeriksa saksi. Salah satunya mantan Bupati Lombok Barat Zaini Arony. Zaini yang kini menjadi terpidana korupsi itu diperiksa di Lapas Mataram.

Jaksa penyidik Hasan Basri memeriksa Zaini sejak pukul 10.30 Wita. Pantauan Suara NTB, pemeriksaan di salah satu ruangan tertutup di Lapas Mataram itu baru selesai sekitar pukul 14.00 Wita. Zaini yang mengenakan baju hem abu-abu enggan memberi komentar usai pemeriksaan.

Juru Bicara Kejati NTB Dedi Irawan mengonfirmasi pemeriksaan tersebut terkait kasus lahan LCC yang kini sudah dalam penyidikan.  “Ya benar (Zaini diperiksa). Dari jam 10.30 Wita sampai jam 14.00,” ujarnya singkat. Dia enggan memaparkan isi pemeriksaan karena itu sudah masuk dalam materi perkara. Pemeriksaan itu untuk keperluan penyidik dalam melengkapi proses penyidikan.

Baca juga:  Kasus Pungli Bantuan Masjid, Pejabat Kemenag NTB Dituntut Delapan Tahun Penjara

Dedi sebelumnya menjelaskan bahwa penyidikan itu terkait pengalihan aset dan bangunan yang nilainya Rp2,7 miliar. Pusat perbelanjaan LCC di Gerimak, Narmada, Lombok Barat mulai beroperasi tahun 2015 lalu. Kalau itu Zaini Arony masih memimpin sebagai bupati.

Baca juga:  Indikasi Kerugian Negara Ganda dari Kasus LCC

Pengelolaan LCC merupakan kerjasama antara perusahaan daerah PT Tripat dengan PT Bliss Pembangunan Sejahtera. Nilai investasinya mencapai Rp1 triliun. Lokasi pembangunan gedung mal merupakan aset Pemda yang dipakai Dinas Pertanian Lombok Barat.

Pemkab Lombok Barat menyertakan tanah seluas 6 hektare dari total 8,4 hektare sebagai modal. Selanjutnya lahan itu diduga diagunkan ke Bank Sinarmas sebesar Rp96 miliar. Kerjasama PT Tripat dengan PT Bliss untuk pengelolaan LCC berlaku untuk 30 tahun. Pemkab Lombok Barat selaku pemilik aset mendapat jatah pembagian dividen sebesar 3 persen. (why)