Tegaklah Bhayangkara Polda NTB

0
Kapolda NTB, Nana Sudjana didampingi istri pada acara syukuran Hari Bhayangkara ke 73, Rabu, 10 Juli 2019 kemarin. (Suara NTB/humaspoldantb)

Mataram (Suara NTB) – Rabu, 10 JULI 2019  bertempat di Lanud Rembiga, Mataram berlangsung Upacara Hari Bhayangkara ke-73 dengan meriah. Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS, MM. hadir pada acara itu, Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj.Sitti Rohmi Djalilah, Forkopimda , pejabat TNI – Polri, Ketua Bhayangkari Daerah NTB beserta pengurusnya serta undangan lainnya.

Pada upacara tersebut Kapolda NTB membacakan sambutan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang mengucapkan terimakasih dan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat serta penegakan hukum. Kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang  tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik.

Polri dan TNI katanya, telah mengamankan seluruh perhelatan nasional maupun internasional yang diselenggarakan pemerintah mulai dari Asian Games, Pilkada serentak, Natal dan Tahun Baru serta Idul Fitri hingga Pileg dan Pilpres.

Polri juga telah mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, kemudian kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang, dan kejahatan siber. Maupun kejahatan berimplikasi kontinjensi seperti konflik sosial, kerusuhan massa dan unjuk rasa anarkis. Sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging, illegal fishing serta tindak pidana korupsi yang sepanjang tahun 2018, telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp 2,9 triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 2,3 triliun.

Selanjutnya dalam pengelolaan organisasi, Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansinya dengan adanya Laporan Keuangan Polri yang meraih opini WTP dari BPK RI selama 6 tahun berturut-turut maupun urutan ke lima sebagai organisasi yang dapat dipercaya. Dengan berbagai capaian tersebut, kinerja Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri terus mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat.

Pada acara tambahan diserahkan hibah tanah dari Walikota Bima untuk pembangunan Kompi Brimob Batalyon C serta dari Bupati Sumbawa untuk pembangunan lima unit Polsek. Selain itu juga diserahkan piagam penghargaan bagi lima perusahaan pelayaran yang turut membantu evakuasi korban gempa di tiga gili tahun 2018 yang lalu.

 Acara dilanjutkan dengan peragaan bela diri kolosal oleh anggota Polri dan TNI, ada polisi cilik dari Polres Lombok Tengah, penanganan begal oleh Ditsamapta serta penanggulangan teroris oleh gabungan Batalyon 742/Swj dan Satbrimob Polda NTB. Upacara berjalan dengan lancar dan khidmat kemudian  dilanjutkan dengan acara syukuran. (r)